PTN Adalah Institusi Pendidikan Milik Negara, Ini Jenis-jenisnya

Dwi Latifatul Fajri
19 Juli 2022, 19:52
PTN adalah
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp.
Ilustrasi, suasana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

PTN singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Selain PTN ada juga Perguruan Tinggi Swasta atau PTS. Sebelum memilih perguruan tinggi, calon mahasiswa perlu mengetahui perbedaan antara PTN dan PTS.

Keduanya sama-sama perguruan tinggi tetapi berbeda pengelola. Contohnya saja PTS dikelola oleh lembaga non-pemerintah. Sehingga PTS tidak terikat oleh peraturan pemerintah, dalam penerimaan mahasiswa baru.

Advertisement

Sedangkan PTN terikat oleh lembaga pemerintah. Biaya pendidikan untuk PTN ditetapkan sesuai pedoman Kemendikbud. Seleksi PTN sendiri dibagi menjadi 3 yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian PTN

Pengertian PTN adalah perguruan tinggi atau universitas yang didirikan atau diselenggarakan oleh negara melalui kementerian terkait. Di Indonesia, PTN dikelola oleh pemerintah dan dibawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pendaftaran mahasiswa baru PTN diselenggarakan oleh pemerintah. Secara resmi, ada tiga jalur masuk PTN yaitu jalur undangan atau SNMPTN, jalur tulis nasional atau SBMPTN, dan seleksi mandiri.

SNMPTN adalah jalur seleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik. Kedua ada SNMPTN, yaitu jalur tes tulis berdasarkan hasil tes UTBK. Terakhir ada seleksi mandiri sesuai kebijakan dari masing-masing universitas. Setiap perguruan tinggi negeri ini bisa memberikan tes seleksi dan biaya pendaftaran berbeda.

Jenis PTN

PTN dikelola oleh negara dan pelaksanaan pendidikan diawasi oleh pemerintah. Selain perguruan tinggi negeri, ada juga istilah institut, politeknik, dan akademi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement