7 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Berikut manfaat beras hitam bagi Anda yang ingin diet dan membersihkan hati dari racun.
Image title
21 Juli 2022, 10:07
manfaat beras hitam
Unsplash
Ilustrasi, beras hitam.

Beras hitam merupakan jenis beras dari spesies Oryza sativa L. Indica. Beras ketan termasuk beberapa di antaranya. Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan.

Beras hitam ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan beras putih sehingga sangat cocok untuk dibuat bubur, makanan penutup, kue beras hitam tradisional, roti, dan mi. Berikut aneka kandungan dan manfaat dari beras hitam. 

Beras hitam disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan nutrisi. Secara perinci, perbandingan nutrisi yang dimiliki beras hitam dengan beras lainnya adalah sebagai berikut:

  • 100 gram beras hitam mengandung 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 mg zat besi.
  • 100 gram beras coklat mengandung 2,8 gram serat, 7,9 gram protein, dan 2,2 gram zat besi.
  • 100 gram beras merah mengandung 2,0 gram serat, 7,0 gram protein, dan 5,5 gram zat besi.
  • 100 gram beras putih mengandung 0,6 gram serat, 6,8 gram protein, dan 1,2 gram zat besi.

Dapat dilihat, jika dibandingkan dengan beras jenis lainnya, beras hitam memiliki kandungan serat, protein, dan zat besi yang jauh lebih banyak. Karena nilai nutrisinya yang jauh lebih tinggi ini, beras hitam sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Advertisement

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi yang dimilikinya, beras hitam dewasa ini dimanfaatkan untuk beragam produk kesehatan, dari konsumsinya ketika diolah menjadi nasi, hingga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku obat dan suplemen.

Mengutip SehatQ.com dan Hellosehat.com, berikut ini beragam manfaat beras hitam bagi kesehatan.

1. Kandungan Protein yang Tinggi

Setiap porsi beras hitam yang telah diolah menjadi nasi mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, tapi lebih tinggi kandungan serat dan protein. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

zat gizi protein bisa Anda temukan pada hampir seluruh tubuh termasuk otot, tulang, kulit, dan rambut. Protein dapat memproduksi enzim yang dapat mendorong proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen sendiri sangat dibutuhkan agar tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

2. Kaya Vitamin dan Mineral

Manfaat beras hitam memiliki kaitan dengan kandungan vitamin dan mineralnya. Beras hitam mengandung sederet vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta mineral zinc, magnesium, dan fosfor.

Kandungan vitamin B kompleks membantu tubuh melepaskan energi dan mengolahnya secara efektif untuk Anda beraktivitas selama seharian, sementara kandungan magnesium dan zat besi di dalamnya membantu memerangi sindrom 3L (letih, lelah, lesu).

Perlu diketahui bahwa setiap satu porsi nasi hitam memenuhi 8% dari asupan harian untuk zinc, 6% untuk zat besi, dan 20% untuk fosfor. Zinc merupakan mineral yang mendukung kinerja sistem imun tubuh, sementara fosfor dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang.

3. Membersihkan Racun Dalam Hati

Apabila Anda ingin membersihkan hati maka bisa dengan obat antioksidan alami yaitu beras hitam. Terutama dalam mencegah perlemakan hati, termasuk perlemakan hati alkoholik. Hati menjadi salah satu organ tubuh terbesar manusia yang bertanggung jawab untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi untuk digunakan tubuh.

Beras hitam dapat membantu hati menghilangkan zat beracun berkat kandungan fitonutrien yang secara signifikan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sekaligus pula membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.

4. Membantu Pencernaan

Manfaat beras hitam berikutnya dapat membuat buang air besar Anda menjadi lancar. Karena kandungan serat juga membantu menghilangkan, mencegah, dan/atau menyembuhkan masalah pencernaan lainnya.

Serat membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan membantu meringankan sembelit. Dalam dosis tinggi, serat dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat beras hitam selanjutnya adalah dengan kandungan serat yang tinggi untuk meningkatkan efektivitas pencernaan dalam waktu lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan.

Makan nasi hitam membantu Anda dalam mencegah risiko diabetes tipe 2 dan mengelola pradiabetes, karena kandungan gulanya yang juga rendah. Ditambah lagi, nasi hitam juga memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yaitu 42,3.

6. Beras Bebas Gluten

Tidak serupa dengan varian beras lainnya adalah beras hitam karena bebas dari kandungan gluten. Kandungan ini sejenis protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum dan/atau barley.

Banyak orang yang menderita alergi terhadap gluten atau orang dengan penyakit celiac mungkin menemukan beras ini membantu dalam mencegah masalah pencernaan yang terkait dengan sensitivitas gluten.

7. Membantu Diet

Apabila ingin menurunkan berat badan, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi beras hitam secara rutin. Teskturnya yang lebih padat dan kaya serat, tapi rendah kalori. Dengan begitu, Anda bisa kenyang lebih lama.

Sebanyak 100 gram beras hitam terdiri dari 351 kalori, 76,9 gram karbohidrat, dan 20,1 gram serat. Sedangkan porsi yang sama dari beras merah mengandung sekitar 356 kalori, 75,5 gram karbohidrat, dan 11,1 gram serat.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait