7 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Image title
21 Juli 2022, 10:07
manfaat beras hitam
Unsplash
Ilustrasi, beras hitam.

Beras hitam merupakan jenis beras dari spesies Oryza sativa L. Indica. Beras ketan termasuk beberapa di antaranya. Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan.

Beras hitam ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan beras putih sehingga sangat cocok untuk dibuat bubur, makanan penutup, kue beras hitam tradisional, roti, dan mi. Berikut aneka kandungan dan manfaat dari beras hitam. 

Beras hitam disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan nutrisi. Secara perinci, perbandingan nutrisi yang dimiliki beras hitam dengan beras lainnya adalah sebagai berikut:

  • 100 gram beras hitam mengandung 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 mg zat besi.
  • 100 gram beras coklat mengandung 2,8 gram serat, 7,9 gram protein, dan 2,2 gram zat besi.
  • 100 gram beras merah mengandung 2,0 gram serat, 7,0 gram protein, dan 5,5 gram zat besi.
  • 100 gram beras putih mengandung 0,6 gram serat, 6,8 gram protein, dan 1,2 gram zat besi.

Dapat dilihat, jika dibandingkan dengan beras jenis lainnya, beras hitam memiliki kandungan serat, protein, dan zat besi yang jauh lebih banyak. Karena nilai nutrisinya yang jauh lebih tinggi ini, beras hitam sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi yang dimilikinya, beras hitam dewasa ini dimanfaatkan untuk beragam produk kesehatan, dari konsumsinya ketika diolah menjadi nasi, hingga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku obat dan suplemen.

Mengutip SehatQ.com dan Hellosehat.com, berikut ini beragam manfaat beras hitam bagi kesehatan.

1. Kandungan Protein yang Tinggi

Setiap porsi beras hitam yang telah diolah menjadi nasi mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, tapi lebih tinggi kandungan serat dan protein. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

zat gizi protein bisa Anda temukan pada hampir seluruh tubuh termasuk otot, tulang, kulit, dan rambut. Protein dapat memproduksi enzim yang dapat mendorong proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen sendiri sangat dibutuhkan agar tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

2. Kaya Vitamin dan Mineral

Manfaat beras hitam memiliki kaitan dengan kandungan vitamin dan mineralnya. Beras hitam mengandung sederet vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta mineral zinc, magnesium, dan fosfor.

Kandungan vitamin B kompleks membantu tubuh melepaskan energi dan mengolahnya secara efektif untuk Anda beraktivitas selama seharian, sementara kandungan magnesium dan zat besi di dalamnya membantu memerangi sindrom 3L (letih, lelah, lesu).

Perlu diketahui bahwa setiap satu porsi nasi hitam memenuhi 8% dari asupan harian untuk zinc, 6% untuk zat besi, dan 20% untuk fosfor. Zinc merupakan mineral yang mendukung kinerja sistem imun tubuh, sementara fosfor dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...