Bikin Nagih, Ini 6 Jenis Kopi Terbaik di Dunia

Image title
25 Juli 2022, 15:06
kopi terbaik di dunia.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.
Ilustrasi, minuman kopi.

Kopi merupakan salah satu minuman favorit buat sebagian orang. Minuman berkafein ini kerap dijadikan pendamping baik saat bersantai maupun saat tengah mengerjakan suatu pekerjaan.

Meski terkesan minuman sederhana, kopi nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, menjaga kesehatan otak dan hati, mengurangi risiko kanker, serta menekan risiko batu empedu.

Advertisement

Selain dengan mempertimbangkan manfaatnya, para penikmat kopi juga biasanya mempertimbangan rasanya. Dari beragam jenis kopi yang tersebar di dunia, ada beberapa jenis kopi yang dinilai sebagai kopi terbaik di dunia.

Kopi Terbaik di Dunia

Rasa adalah pengalaman yang sangat subjektif. Ketika seseorang menyebut makanan atau minuman tertentu memiliki cita rasa enak luar biasa, belum tentu orang lain yang mencicipinya akan beranggapan demikian. Sebab rasa dipengaruhi oleh beragam faktor, antara lain:

  • Genetika.
  • Pendidikan.
  • Reseptor rasa.
  • Pengalaman hidup.
  • Suasana hati dan tingkat stres.

Namun demikian, dari sekian jenis kopi, sebagain besar orang percaya ada beberapa jenis yang memiliki rasa terbaik dibanding dengan jenis kopi lainnya. Mengutip Espresso & Coffee Guide dan Web Analytics Consultants Association, berikut kopi terbaik di dunia:

1. Kopi Tanzania Peaberry

Jenis kopi terbaik di dunia yang pertama ialah kopi Tanzania Peaberry. Kopi ini tumbuh di Gunung Meru dan Gunung Kilimanjaro, Tanzania.

Biji kopi Peaberry adalah kopi Arabika dengan tubuh sedang dan keasaman buah yang memikat. Kopi ini memiliki rasa yang dalam dan kaya, juga sering mengeluarkan sedikit kismis hitam yang melunak menjadi cokelat dan kemudian menyatu dengan hasil akhir kopi yang manis.

Panggangan sedang memberikan aroma unik kopi Peaberry, seperti nanas, jeruk, atau kelapa.

2.  Kopi Kona Hawaii

Kona adalah pulau terbesar di Hawaii dan merupakan yang terbaik dalam hal produksi kopi berkualitas tinggi. Lereng di pulau besar ini menjadi lokasi ideal untuk menanam kopi, dengan iklim yang menawarkan kombinasi sempurna antara hujan dan panas, serta tanah yang subur.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement