Punya Populasi Super Padat, Ini 5 Kota Terbesar di Dunia

Image title
27 Juli 2022, 20:06
kota terbesar di dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/HP/dj
Ilustrasi, pemandangan kota Tokyo.

Ada beberapa kota yang mendapatkan predikat sebagai kota terbesar di dunia. Predikat ini disematkan karena padatnya penduduk di kota tersebut, serta beragam aktivitas yang ada di dalamnya. Beberapa kota ini, merupakan pusat pemerintahan, sekaligus pusat bisnis suatu negara.

Munculnya kota-kota besar ini, merupakan konsekuensi dari semakin pentingnya posisi suatu kota. Munculnya kota-kota besar ini, ditimbulkan oleh peran strategis kota tersebut, baik sebagai pusat pemerintahan maupun bisnis. Semakin berkembangnya suatu kota, kemudian diikuti dengan perpindahan penduduk, yang tadinya berada di pedesaan ke kota.

Meski demikian, pesatnya perkembangan kota terbesar di dunia ini, memunculkan permasalahan urban. Misalnya, kesenjangan sosial, kriminalitas, serta makin padatnya penduduk yang makin membuat lingkungan rusak.

Kota Terbesar di Dunia

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini daftar lima kota terbesar di dunia. Beberapa kota yang masuk dalam daftar ini, merupakan kota-kota yang memiliki jumlah penduduk yang besar alias memiliki populasi super padat.

1. Tokyo, Jepang

Ibu Kota Jepang, Tokyo, menempati peringkat pertama kota terbesar di dunia. Pada 1608 kota yang dulunya bernama Edo ini, sudah menjadi salah satu kota dengan jumlah populasi penduduk yang besar, yakni lebih dari 1 juta jiwa. Kini, sebanyak 37.435.191 jiwa tinggal di Tokyo, menjadikan kota ini sebagai wilayah dengan populasi penduduk terbanyak di Jepang, dan dunia.

Tak hanya soal kepadatan penduduk, reputasi Tokyo juga mencuat di bidang bisnis. Pada 2019, kota ini menjadi markas besar 36 dari perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500. Pada 2020, Tokyo menduduki peringkat keempat indeks pusat keuangan global, di belakang New York, London, dan Shanghai.

Selain itu, Tokyo juga merupakan salah satu kota modern di dunia. Berbeda dibanding banyak kota besar lainnya, Tokyo berhasil menyesuaikan perkembangan zaman di tengah meningkatnya populasi penduduk.

2. Delhi, India

Peringkat kedua kota terbesar di dunia ditempati oleh Delhi, yang resminya dikenal sebagai wilayah ibu kota nasional India. Di dalamnya terdapat pusat pemerintahan India, yakni New Delhi.

Delhi adalah kota terkaya kedua di India setelah Mumbai, serta merupakan rumah bagi 18 milioner dan 23.000 jutawan. Delhi memiliki reputasi sejarah sebagai niaga, transportasi, dan budaya, serta pusat pemerintahan India.

Ukuran populasi yang mendiami wilayah ini pun tergolong sangat besar, yakni mencapai 29.399.141 jiwa, menurut sensus yang dilakukan pada 2020.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...