Ospek Adalah Kegiatan Mengenal Sekolah atau Kampus, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
29 Juli 2022, 13:13
Ospek adalah
pexels.com/Keira Burton
Ilustrasi, suasana di lingkungan kampus di sebuah universitas.

Ospek adalah singkatan dari orientasi studi atau pengenalan kampus. Ospek digunakan di tingkat sekolah sampai universitas. Pada dasarnya ospek berguna mengenalkan lingkungan baru pada peserta didik.

Orientasi studi ini dilakukan ketika ajaran baru. Mahasiswa atau siswa baru akan berkumpul untuk pengenalan. Biasanya ada guru, dosen, dan kakak tingkat yang membantu peserta didik.

Pengertian Ospek

Ospek adalah pengalaman masa orientasi siswa dari bangku SMP sampai SMA. Istilah ospek hampir sama dengan MOS (Masa Orientasi Siswa). Tujuan dari ospek sendiri untuk mengenalkan siswa baru di lingkungan sekolah.

Contohnya, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sekolah, pembelajaran, dan lainnya. Biasanya akhir kegiatan ospek diadakan kegiatan yang menarik untuk siswa.

Ospek Kuliah

Ospek kuliah disebut juga pengenalan kampus untuk mahasiswa baru. Tujuannya, peserta mengetahui kehidupan kampus. Ospek yang dilakukan di tingkat universitas lebih beragam dari sekolah.

Mahasiswa baru dikenalkan kegiatan unit kegiatan mahasiswa (UKM), ekstrakulikuler, permainan, sampai ice breaking. Panitia ospek juga memberikan tugas dan misi yang harus diselesaikan oleh siswa.

Akhir kegiatan ospek di tiap fakultas bisa berbeda. Contohnya saja ada malam keakraban atau makrab untuk kegiatan ospek. Ada juga inagurasi untuk pengesahan akhir ospek. 

Ospek bermanfaat untuk mengenal kegiatan kampus, mendapatkan teman baru, dan melatih mental seseorang. Melatih mental ini berguna untuk melatih komunikasi, adaptasi, dan bertanggung jawab di lingkungan baru. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...