Fiber Optik Adalah Kabel Transmisi, Ini Fungsi dan Strukturnya

Dwi Latifatul Fajri
1 Agustus 2022, 15:51
fiber optik adalah
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/nz.
Ilustrasi, sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan kabel fiber optik dalam proyek peremajaan jaringan milik XL Axiata.

Fiber optik adalah jenis kabel dari bahan kaca atau plastik yang halus. Fiber optik digunakan masuk dalam kabel jaringan yang biasanya dipakai. Fungsi fiber optik ini sebagai media transmisi untuk sinyal cahaya dari satu lokasi ke lokasi lain.

Penggunaan kabel fiber optik sebagai media transmisi dari dari node ke internet. Salah satu manfaat kabel ini adalah kecepatan akses dalam transmisi data.

Fiber optik termasuk komponen penting pada jaringan komputer. Perusahaan operator telekomunikasi menggunakan fiber optic untuk kecepatan akses tinggi.

Definisi Fiber Optik

Fiber Optik adalah suatu materi atau filamen yang terbuat dari bahan serat kaca. Ukuran kabel ini sangat kecil kurang lebih 120 micrometer (lebih kecil dari satu helai rambut manusia). Fiber optik dipakai untuk mengantarkan lebih banyak sinyal dalam bentuk pulsa cahaya.

Penghantar sinyal ini mencapai lebih dari 50 kilometer, tanpa bantuan penguat sinyal (repeater). Fiber optik hampir sama dengan kabel tembaga (cooper). Teknologi Cooper dapat menghantarkan transmisi sinyal berupa pulsa elektrik. Tetapi teknologi kabel tembaga ini terbatas dalam jarak tempuh, kualitas, dan jumlahnya.

Sistem fiber optik hampir sama dengan sistem tembaga. Bedanya, fiber optik menggunakan pulsa cahaya untuk menghantarkan informasi data. Ada transmitter atau perangkat penerimaan informasi data yang dikirimkan ke fiber optik. Informasi data ini berupa pulsa elektronik yang diterima transmitter.

Setelah itu, transmitter diproses dan diterjemahkan menjadi informasi sama, tetapi dalam pulsa cahaya. Dalam proses penerjemahan transmitter menggunakan Light Emitting Diode (LED) atau Injection Laser Diode (ILD).

Kelebihan Fiber Optik

Mengutip dari myorbit.id, berikut kelebihan fiber optik yang dipakai jaringan antar komputer:

1. Kapasitas besar

Fiber optik efektif untuk mengirimkan data berukuran besar. Sehingga jenis kabel ini dipakai perusahaan besar untuk menghubungkan komputer dan telepon. Kecepatan pengiriman mencapai giga byte per 1 detik.

2. Transmisi jarak jauh

Kelebihan kabel optik dapat mengirimkan data jarak jauh. Selain itu ukurannya lebih kecil dan ramping. Sehingga kabel optik menghemat banyak ruang.

3. Terhindar dari konsleting listrik

Fiber optik menggunakan bahan serat kaca. Pemakaian kabel ini tidak menggunakan arus listrik, sehingga terhindar dari konsleting. Selain itu tingkat keamanan kabel terjamin.

4. Bebas dari gangguan sinyal

Fiber optik tidak menggunakan arus listrik, sehingga tidak dipengaruhi gangguan elektromagnetik. Kabel ini memiliki ketahanan tinggi, sehingga harganya mahal dan umumnya dipakai perusahaan besar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...