7 Mobil Tercepat di Dunia, Bugatti Chiron Super Sport 300+ Nomor Satu

Image title
3 Agustus 2022, 13:14
mobil tercepat di dunia
bugatti.com
Ilustrasi, Bugatti Chiron Super Sport 300+, mobil tercepat di dunia.

Setiap tahunnya, produsen mobil di seluruh dunia berinovasi untuk menciptakan mobil yang mampu mencapai kecepatan tinggi. Mengutip Sciencing, kecepatan mobil dapat dicapai secara optimal akibat empat faktor yang saling berinteraksi, yaitu tenaga, power train, berat, dan aerodinamika.

Melansir Top Speed, sebuah mobil diukur kecepatan maksimumnya menggunakan data mesin (putaran maksimum), transmisi (rasio roda gigi) dan ukuran ban. Saat melaju, pistol radar digunakan untuk menentukan kecepatan maksimum.

Pistol radar dapat digenggam atau dipasang di dalam kamera kecepatan. Alat ini menembakkan sinar elektromagnetik ke mobil dengan kecepatan cahaya. Mobil akan memantulkan sinar kembali kemudian data akan dihitung untuk menentukan kecepatan.

Perpaduan metode tersebut digunakan untuk menentukan kecepatan suatu mobil. Pada 2020, Forbes merilis daftar mobil tercepat dari berbagai produsen. Berikut hasilnya.

1. Bugatti Chiron Super Sport 300+

Bugatti Chiron Super Sport 300+ merupakan mobil tercepat di dunia. Kecepatannya mencapai 304,77 mil per jam (mph) atau setara 490,47 kilometer per jam (km/h). Mobil ini merupakan pembaharuan dari tipe Chiron Super Sport dengan body work yang dioptimalkan secara aerodinamis untuk kinerja kecepatan yang sangat tinggi

Chiron Super Sport 300+ dinamai dari nama pengemudi Monégasque Louis Chiron dan didesain oleh Achim Anscheidt bersama timnya. Mobil ini dirilis pada 2 Agustus 2019 dengan harga US$3,9 juta atau setara Rp56 miliar dan terbatas hanya 30 unit di seluruh dunia.

2. SSC Tuatara

SSC Tuatara merupakan mobil tercepat kedua di dunia dengan kecepatan mencapai 295 mph atau setara 474,75 km/h. Dirancang oleh Jason Castriota, SSC Tuatara mengambil inspirasi dari industri kedirgantaraan. Nama Tuatara berasal dari spesies kadal asal Selandia Baru yang dikenal memiliki evolusi molekul tercepat dari seluruh hewan yang hidup.

Tuatara memasuki pasar dagang di Philadelphia Auto Show pada Februari 2020 dengan harga US$2 juta atau setara dengan sekitar Rp30 miliar dan hanya tersedia 100 unit. Mobil ini dikembangkan dan diproduksi oleh SSC Amerika Utara yang berlokasi di Richland, Washington. SSC merupakan produsen mobil Amerika sejak tahun 1998.

3. Koenigsegg Agera RS

Koenigsegg Agera RS menempati posisi ketiga dengan kecepatan 277.87 mph atau setara 447,19 km/h. Mobil ini termasuk kategori mobil sport mid-engine yang diproduksi oleh produsen mobil Swedia, Koenigsegg. Namanya berasal dari bahasa Swedia “agera” yang berarti “bertindak”.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...