7 Situs Penghitung Kata Online Gratis yang Akurat

Situs penghitung kata online sangat berguna untuk membantu Anda mengetahui berapa jumlah kata, dalam dokumen yang dibuat. Selain mudah, situs yang ada di daftar ini bisa Anda akses secara gratis.
Image title
11 Agustus 2022, 20:12
penghitung kata online
pixabay.com
Ilustrasi, seseorang menggunakan situs penghitung kata online.

Penghitung kata online mungkin akan sangat berguna bagi Anda ketika mengerjakan sebuah tugas. Apalagi jika tugas tersebut mensyaratkan agar Anda membuat dokumen dengan jumlah kata tertentu.

Sebenarnya aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan sejenisnya sudah memiliki fitur otomatis untuk menghitung jumlah kata. Akan tetapi, fitur tersebut tidak akan berguna apabila file yang dibuat adalah jenis PDF (Portable Document Format). 

Sampai sekarang aplikasi penghitung kata online yang bisa mendeteksi jumlah kata secara otomatis pada dokumen berformat PDF masih sangat jarang. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui situs dan aplikasi apa saja yang bisa mendeteksi jumlah kata dalam dokumen tersebut.

Dalam artikel kali ini Katadata.co.id sudah merangkum beberapa situs penghitung kata online yang cukup akurat. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membantu kerja-kerja Anda. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

Advertisement

Situs Penghitung Kata Online Paling Akurat

Seseorang yang punya hobi menulis pastinya sudah sangat akrab dengan fitur di Microsoft Word yang bernama word count. Tool ini sangat berguna karena bisa membantunya untuk melihat berapa jumlah kata yang sudah dicapai ketika mengerjakan karya tulis.

Sebagai contoh saat menulis sebuah cerpen tentunya Anda harus menyesuaikan jumlah kata dengan ide cerita. Hal tersebut teramat penting agar Anda tidak terlalu bertele-tele dalam menarasikan ide tersebut. 

Selain di Microsoft Word, Anda bisa mengecek jumlah kata pada karya tulis menggunakan layanan yang disediakan oleh situs penghitung kata online berikut ini:

1. Google Doc

Situs pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghitung jumlah kata yang sangat akurat adalah Google Doc. Tampilan layar kerjanya pun mirip seperti Microsoft Word. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi belajar sebelum menggunakannya.

Untuk menggunakan tool penghitung kata online di Google Doc., Anda hanya perlu masuk atau mengakses laman docs.google.com. Setelah itu, buka file dengan format “.doc”

Selanjutnya pada halaman kerja Google Doc, Anda pilih opsi Tool dan klik menu Word Count. Tunggu beberapa saat, kemudian centang “display word count while typing” untuk menampilkan jumlah kata pada dokumen Anda. Jika sudah klik OK.

Selain metode di atas, Anda bisa menggunakan tombol shortcut dengan menekan “CTRL+Shift+C”. Secara otomatis, pada bagian kiri bawah lembar kerja Google Doc akan muncul penghitung kata online. 

2. Countwordsfree.com

Situs penghitung kata online yang bisa Anda gunakan secara gratis berikutnya yakni Countwordsfree.com. Tidak hanya gratis, website ini punya koleksi fitur paling lengkap yang terkait dengan penghitung teks. 

Dengan mengakses situs ini, Anda bisa mengunggah file apapun dengan teks dalam berbagai format seperti txt, word, pdf, excel, epub, HTML, CSS, dan banyak lagi. Anda bisa menggunakan situs ini untuk beberapa hal seperti penghitung kata online, pemeriksa kata, karakter, kalimat, baris, serta paragraf standar.

3. Wordcounter.net

Situs penghitung kata online gratis berikutnya ada Wordcounter.net. Situs ini memungkinkan Anda untuk melakukan penghitungan teks yang bagus. Selain penghitung kata dan karakter, website ini juga memiliki penghitung paragraf serta kalimat.

4. Word Counter Free (Fossbytes)

Fossbytes adalah situs web yang menyediakan fitur perhitungan online gratis. Website tersebut memiliki sejumlah alat utilitas yang akan membantu Anda menghitung jumlah kata akhir untuk jumlah teks berapapun. 

Cara kerja situs penghitung kata online ini sangat simpel. Anda cukup menyalin teks lalu menempelkannya pada kolom yang sudah disediakan. Secara otomatis fitur pada web tersebut akan menghitung jumlah kata, karakter, kalimat, dan paragraf hanya dalam satu klik.

5. Wordcounter.io

Saat mengakses situs ini, Anda mungkin akan merasa lebih nyaman untuk menggunakannya. Sebab, tampilan halamannya cukup simpel dan mudah dipakai sebagai alat penghitung kata online.

Selain tampilan antarmuka yang sederhana, situs ini punya fitur untuk mengecek jumlah kalimat dan paragraf. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengoreksi kalimat dalam bahasa Inggris.

6. Docwordcounter.com

Situs penghitung kata online berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Docwordcounter.com. Selain menghitung jumlah kata, situs ini memiliki fitur unik yaitu dapat menghitung secara terpisah jumlah alamat email, poin, nomor, kode, dan sebagainya.

7. Charactercalculator.com

Situs terakhir yang dapat Anda gunakan untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah teks adalah Charactercaculator.com. Website tersebut memiliki beberapa fitur seperti penghitung kata, penghitung karakter, konverter huruf dan masih banyak lagi.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda cukup melakukan copy-paste pada dokumen, kemudian memasukkannya ke dalam kolom yang sudah disediakan. Maka secara otomatis, situs ini akan menampilkan berapa jumlah kata dari teks yang Anda buat.

Itulah beberapa situs penghitung kata online yang bisa Anda pakai untuk mengetahui jumlah kata dalam sebuah dokumen. Sebenarnya di Playstore dan App Store sudah ada beberapa aplikasi dengan fungsi serupa. Namun situs yang ada dalam daftar ini jauh lebih mudah digunakan karena Anda hanya perlu mengaksesnya saja, tanpa perlu melakukan proses instal.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait