7 Situs Penghitung Kata Online Gratis yang Akurat

Image title
11 Agustus 2022, 20:12
penghitung kata online
pixabay.com
Ilustrasi, seseorang menggunakan situs penghitung kata online.

Penghitung kata online mungkin akan sangat berguna bagi Anda ketika mengerjakan sebuah tugas. Apalagi jika tugas tersebut mensyaratkan agar Anda membuat dokumen dengan jumlah kata tertentu.

Sebenarnya aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan sejenisnya sudah memiliki fitur otomatis untuk menghitung jumlah kata. Akan tetapi, fitur tersebut tidak akan berguna apabila file yang dibuat adalah jenis PDF (Portable Document Format). 

Advertisement

Sampai sekarang aplikasi penghitung kata online yang bisa mendeteksi jumlah kata secara otomatis pada dokumen berformat PDF masih sangat jarang. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui situs dan aplikasi apa saja yang bisa mendeteksi jumlah kata dalam dokumen tersebut.

Dalam artikel kali ini Katadata.co.id sudah merangkum beberapa situs penghitung kata online yang cukup akurat. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membantu kerja-kerja Anda. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

Situs Penghitung Kata Online Paling Akurat

Seseorang yang punya hobi menulis pastinya sudah sangat akrab dengan fitur di Microsoft Word yang bernama word count. Tool ini sangat berguna karena bisa membantunya untuk melihat berapa jumlah kata yang sudah dicapai ketika mengerjakan karya tulis.

Sebagai contoh saat menulis sebuah cerpen tentunya Anda harus menyesuaikan jumlah kata dengan ide cerita. Hal tersebut teramat penting agar Anda tidak terlalu bertele-tele dalam menarasikan ide tersebut. 

Selain di Microsoft Word, Anda bisa mengecek jumlah kata pada karya tulis menggunakan layanan yang disediakan oleh situs penghitung kata online berikut ini:

1. Google Doc

Situs pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghitung jumlah kata yang sangat akurat adalah Google Doc. Tampilan layar kerjanya pun mirip seperti Microsoft Word. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi belajar sebelum menggunakannya.

Untuk menggunakan tool penghitung kata online di Google Doc., Anda hanya perlu masuk atau mengakses laman docs.google.com. Setelah itu, buka file dengan format “.doc”

Selanjutnya pada halaman kerja Google Doc, Anda pilih opsi Tool dan klik menu Word Count. Tunggu beberapa saat, kemudian centang “display word count while typing” untuk menampilkan jumlah kata pada dokumen Anda. Jika sudah klik OK.

Selain metode di atas, Anda bisa menggunakan tombol shortcut dengan menekan “CTRL+Shift+C”. Secara otomatis, pada bagian kiri bawah lembar kerja Google Doc akan muncul penghitung kata online. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement