Mencermati 6 Cara Menghilangkan Karat pada Sepeda

Cara menghilangkan karat pada sepeda bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, seperti lemon. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan kimia, seperti baking soda, atau sabun cuci piring.
Image title
12 Agustus 2022, 13:38
cara menghilangkan karat pada sepeda
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi, warga menuntun sepeda saat melintasi jalan yang banjir.

Cara menghilangkan karat pada sepeda merupakan informasi yang penting diketahui, tidak hanya bagi mereka yang hobi bersepeda. Namun, juga untuk orang awam pada umumnya, yang menggunakan sepeda untuk aktivitas.

Sebagai informasi, karat yang terjadi pada sepeda umumnya diakibatkan oleh korosi akibat terkena air maupun sinar matahari yang terik. Umumnya, karat muncul pada bodi sepeda maupun di area rantai. Hal ini jelas cukup mengganggu, sebab selain membuat tampilan jelek, performa sepeda juga akan menurun.

Oleh karena itu, informasi mengenai cara menghilangkan karat pada sepeda penting diketahui. Memang, cara yang terbaik adalah mencegah karat terjadi pada bodi atau rantai sepeda. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, maka informasi ini menjadi perlu, sehingga sepeda yang berkarat bisa direstorasi, dan bisa kembali digunakan.

Cara Menghilangkan Karat pada Sepeda

Ada beberapa cara menghilangkan karat pada sepeda yang bisa dilakukan. Berikut ini, sejumlah cara menghilangkan karat pada sepeda dengan sejumlah dari bahan alami dan kimia yang dilansir dari qoala.com.

Advertisement

1. Menggunakan Lemon

Salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda secara alami, adalah menggunakan bahan yang mengandung lemon. Bahan ini mudah didapatkan, bahkan di dapur sekalipun. Air perasan jeruk lemon, tergolong ampuh mengangkat kotoran, termasuk menghilangkan karat.

Cara menghilangkan karat pada sepeda dengan menggunakan lemon sangat mudah. Anda hanya perlu menggosokkan lemon yang telah dipotong pada bagian sepeda yang berkarat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan baking soda agar karat lebih mudah rontok. Setelah didiamkan beberapa saat, kemudian gosok permukaan sepeda yang berkarat agar bersih maksimal.

2. Menggunakan Cuka dan Baking Soda

Cara menghilangkan karat pada sepeda berikutnya, adalah dengan menggunakan cuka dan baking soda. Kedua bahan ini ternyata juga ampuh untuk menghilangkan karat pada permukaan besi seperti sepeda. Cara ini sudah banyak digunakan dan terbukti ampuh menghilangkan karat pada sepeda.

Ada beberapa langkah menghilangkan karat pada sepeda. Pertama, campurkan cuka dan baking soda. Kemudian, aduk sampai kedua bahan tersebut menyatu. Lalu, oleskan campuran cairan tersebut pada bagian sepeda yang berkarat dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok menggunakan sikat atau lap agar karat terangkat sempurna.

3. Menggunakan Minuman Bersoda

Minuman bersoda ternyata juga menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda yang ampuh. Menghilangkan karat pada sepeda menggunakan minuman bersoda ini, bisa dilakukan untuk bagian yang bisa dibongkar pasang, seperti rantai atau baut sepeda.

Cara menghilangkan karat pada rantai sepeda menggunakan minuman bersoda cukup mudah. Anda hanya perlu merendam rantai ke dalam minuman bersoda kemudian diamkan selama beberapa saat. Setelah itu gosok rantai menggunakan sikat atau kertas amplas sampai karat benar-benar bersih.

4. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring ternyata tidak hanya untuk mencuci piring, dan perlengkapan dapur. Namun, juga menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda yang efektif. Ini bisa dilakukan, karena sabun cuci piring memiliki kandungan deterjen dan jeruk nipis, yang bisa membuat karat mudah rontok.

Untuk menghilangkan karat menggunakan sabun cuci piring ini, caranya cukup mudah. Pertama, oleskan sabun pencuci piring ke permukaan sepeda yang berkarat. Kedua, gosok menggunakan spons cuci piring sampai karat bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sabun pencuci piring bisa ditambahkan dengan garam. Penggunaan sabun cuci piring untuk membersihkan karat, umumnya juga digunakan pada sepeda motor.

5. Menggunakan Asam Sitrat dan Solar

Cara menghilangkan karat pada sepeda berikutnya, adalah menggunakan asam sitrat dan solar. Untuk menghilangkan karat, campurkan solar dan asam sitrat pada wadah kemudian rendam bagian sepeda yang berkarat, seperti baut atau rantai. Selanjutnya diamkan beberapa saat sampai karat melunak kemudian gosok sampai bersih.

Anda juga bisa menggunakan untuk membersihkan bagian lain dengan cara menyemprotkan cairan tersebut kemudian gosok dan lakukan berulang sampai karat menghilang. Untuk hasil yang maksimal, kombinasikan cara menghilangkan karat pada besi dengan baking soda, asam sitrat dan solar.

6. Menggosok Badan Sepeda dengan Amplas

Amplas merupakan kertas yang memiliki permukaan kasar dan biasa digunakan untuk menghaluskan permukaan benda seperti kayu dan besi. Selain untuk menghaluskan, amplas juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda. Terutama, untuk untuk karat yang sudah membandel.

Untuk membersihkan karat menggunakan amplas, Anda hanya perlu menggosok bagian sepeda yang berkarat dengan permukaan yang kasar pada amplas.

Amplas bisa digunakan untuk membersihkan karat pada bagian bodi sepeda sampai pelek. Anda juga bisa menggunakan amplas untuk cara menghilangkan karat pada fork sepeda namun pastikan Anda menggosoknya secara perlahan agar permukaannya tidak rusak.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait