Mengenal 3 Struktur Karya Tulis Ilmiah dalam Penelitian

Dwi Latifatul Fajri
19 Agustus 2022, 17:13
struktur karya tulis ilmiah
pixabay.com/StartupStockPhotos
Ilustrasi, seseorang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah.

Karya Tulis Ilmiah adalah karya tulis yang membahas dan menjelaskan secara ilmiah apa yang dilakukan penulis atau peneliti. Pembuatan karya ilmiah ditulis secara logis dan sistematis untuk memudahkan pembaca.

Penulisan karya ilmiah untuk mencari jawaban sesuatu hal atau kebenaran dari objek tulisan. Ada berbagai tema yang diangkat, sebagai pengembangan dari penelitian terdahulu.

Advertisement

Manfaat karya ilmiah yaitu menyajikan gagasan, deskripsi, dan pemecahan masalah secara sistematis. Selain itu karya ilmiah menggunakan bahasa baku yang didukung fakta, teori, dan bukti empirik.

Struktur Karya Tulis Ilmiah

Mengutip dari buku Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah, struktur karya ilmiah yaitu bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup (kesimpulan). Berikut penjelasan tentang struktur karya ilmiah:

1. Pendahuluan

Bagian awal pendahuluan berisi tentang pengantar pembahasan. Pendahuluan menjelaskan latar belakang masalah dari deskripsi penelitian. Latar belakang adalah dasar untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang topik yang disampaikan.

Latar belakang berisi data dan fakta yang mendukung topik yang akan dibahas selanjutnya. Berikut poin penting yang perlu ditulis untuk latar belakang:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement