Cum Laude Artinya Pencapaian Akademik, Ini Penjelasan Lengkapnya

Cum laude artinya gelar akademik mahasiswa yang mendapat IPK tinggi. Cum laude dibagi menjadi tiga yaitu cum laude, magna cum laude, dan summa cum laude. Ini penjelasan lengkapnya.
Dwi Latifatul Fajri
19 Agustus 2022, 18:20
cum laude artinya
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Ilustrasi, wisuda perguruan tinggi atau universitas.

Cum laude dikenal sebagai mahasiswa lulusan terbaik atau dengan pujian. Cum laude bisa dikatakan sebagai predikat yang disematkan kepada seseorang yang meraih prestasi akademik yang luas biasa.

Penilaian cum laude didasarkan pada nilai akhir yang didapatkan mahasiswa dibangku kuliah. Melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, mahasiswa mendapatkan predikat cum laude ketika lulus kuliah.

Nilai yang diterima mahasiswa berbeda dengan nilai sekolah. Umumnya siswa di sekolah mendapatkan nilai rentang 0-10 hingga 10-100. Tetapi di dunia perkuliahan, skor IPK tertinggi adalah 4,00. Biasanya nilai IPK ditulis dalam huruf A,B,C,D, dan F. Huruf A mewakili nilai 4,00 atau sempurna.

Pengertian Cum Laude

Cum laude artinya adalah pencapaian akademik mahasiswa dengan pujian atau kehormatan. Dalam bahasa latin kata cum laude dipakai untuk gelar akademik seseorang. Arti cum laude sendiri, adalah pujian atau dengan kehormatan yang mewakili tingkat pencapaian akademik.

Advertisement

Setiap institusi pendidikan menggunakan kata ini sebagai gelar akademik yang diberikan pada seseorang, Cum laude menjadi tanda pembeda dengan siswa lain, sekaligus menggambarkan keberhasilan mereka di dunia pendidikan.

Berikut predikat kelulusan sesuai nilai IPK di bangku kuliah:

  1. IPK 2,00-2,75 Memuaskan
  2. IPK 2,76-3,50 Sangat Memuaskan
  3. IPK 3,51-4,00 Dengan Pujian (Cum Laude)

Jenis Cum Laude

Negara Amerika Serikat memberikan tiga jenis kehormatan untuk mahasiswa yaitu summa cum laude dan magna cum laude. Beberapa universitas memberikan predikat cum laude dengan IPK 3,5 atau lebih tinggi. Sedangkan nilai IPK lebih tinggi masuk dalam kategori magna cum laude dan summa cum laude. Berikut penjelasanya:

  • Magna Cum Laude

Predikat ini diberikan pada mahasiswa yang tidak mengulang mata kuliah dan lulus tepat waktu. Perbedaannya yaitu skor IPK yang didapatkan lebih tinggi dibanding cumlaude. Rentang IPK magna cumlaude yaitu 3,80 sampai 3,99.

  • Summa Cum Laude

Summa cum laude didapatkan oleh mahasiswa yang mendapatkan nilai sempurna yaitu IPK 4,00. Predikat cum laude tertinggi ini mendapatkan summa cum laude atau lulus dengan pujian terbanyak. Nilai yang didapatkan berdasarkan peringkat di kelas dan prestasi akademik.

Cara mendapatkan cum laude untuk kelulusan membutuhkan niat dan belajar sungguh-sungguh. Mahasiswa perlu belajar untuk mendapatkan nilai IPK tinggi di semester pertama. Anda bisa belajar, disiplin, aktif di kelas, dan memahami karakter dosen. Itulah beberapa cara untuk mendapatkan cum laude ketika wisuda.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait