Cum Laude Artinya Pencapaian Akademik, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
19 Agustus 2022, 18:20
cum laude artinya
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Ilustrasi, wisuda perguruan tinggi atau universitas.

Cum laude dikenal sebagai mahasiswa lulusan terbaik atau dengan pujian. Cum laude bisa dikatakan sebagai predikat yang disematkan kepada seseorang yang meraih prestasi akademik yang luas biasa.

Penilaian cum laude didasarkan pada nilai akhir yang didapatkan mahasiswa dibangku kuliah. Melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, mahasiswa mendapatkan predikat cum laude ketika lulus kuliah.

Advertisement

Nilai yang diterima mahasiswa berbeda dengan nilai sekolah. Umumnya siswa di sekolah mendapatkan nilai rentang 0-10 hingga 10-100. Tetapi di dunia perkuliahan, skor IPK tertinggi adalah 4,00. Biasanya nilai IPK ditulis dalam huruf A,B,C,D, dan F. Huruf A mewakili nilai 4,00 atau sempurna.

Pengertian Cum Laude

Cum laude artinya adalah pencapaian akademik mahasiswa dengan pujian atau kehormatan. Dalam bahasa latin kata cum laude dipakai untuk gelar akademik seseorang. Arti cum laude sendiri, adalah pujian atau dengan kehormatan yang mewakili tingkat pencapaian akademik.

Setiap institusi pendidikan menggunakan kata ini sebagai gelar akademik yang diberikan pada seseorang, Cum laude menjadi tanda pembeda dengan siswa lain, sekaligus menggambarkan keberhasilan mereka di dunia pendidikan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement