PTS Adalah Institusi Pendidikan Swasta, Ini Bedanya dengan PTN

Dwi Latifatul Fajri
22 Agustus 2022, 17:51
PTS adalah
binus.ac.id
Ilustrasi, Universitas Bina Nusantara, salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia, yang masuk dalam peringkat universitas swasta terbaik di Jakarta versi QR AUR 2022.

PTS singkatan dari Perguruan Tinggi Swasta. PTS memiliki jalur seleksi yang berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Perbedaaan tersebut seperti jalur penerimaan mahasiswa dan biaya untuk kuliah.

Ada berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru di PTS seperti jalur prestasi (tanpa tes), jalur undangan kerjasama dengan sekolah. Proses seleksi penerimaan mahasiswa ini lebih fleksibel dibanding PTN.

Pengertian PTS

Berdasarkan Undang-Undang No. 12 tahun 2012, menjelaskan PTS adalah perguruan tinggi yang didirikan atau diselenggarakan oleh masyarakat. PTS dikelola oleh masyarakat yang membentuk badan penyelenggara berbadan hukum. PTS umumnya dikelola oleh lembaga non-pemerintah (yayasan) yang berkoordinasi di bawah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Mengutip dari quipper.com, badan penyelenggara berbadan hukum memiliki prinsip nirlaba dan wajib mendapatkan izin menteri. Badan penyelenggara ini bentuknya perkumpulan atau yayasan sesuai undang-undang.

Seleksi Masuk PTS

Seleksi masuk PTN dibagi menjadi 3 yaitu jalur undangan (SNMPTN), jalur ujian tulis (SBMPTN), dan ujian mandiri. Seleksi masuk ujian mandiri dan UTK ini dilakukan dengan melihat skor UTBK. Seleksi ini bertujuan untuk menyesuaikan daya tampung di PTN. Sehingga jumlah mahasiswa baru di PTN biasanya terbatas berbeda dengan PTN.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...