6 Cara Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet

Dwi Latifatul Fajri
25 Agustus 2022, 16:16
cara cas HP yang benar
Pixabay.com/StockSnap
Ilustrasi, mengisi daya ponsel atau mengecas.

Baterai ponsel bisa menurun terus-menerus. Padahal baterai termasuk komponen penting pada ponsel. Kapasitas baterai menurun berdampak pada durasi pemakaian ponsel.

Sekarang ini banyak HP dengan kapasitas baterai besar disertai teknologi fast charging. Teknologi ini membuat baterai ponsel lebih awet dan pengisian daya lebih cepat.

Tetapi, kemampuan baterai dapat berkurang jika tidak dirawat dengan baik. Umumnya penurunan daya baterai terjadi setelah 500 sampai 1.000 siklus pengisian. Biasanya daya baterai ponsel akan berkurang setelah 3 tahun lebih. Supaya baterai ponsel awet, berikut tips mengisi daya baterai.

Cara Cas HP yang Benar

1. Waktu Cas HP

Pengguna ponsel perlu mengetahui aturan pengisian ulang baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai dari 30% sampai 90%. Usahakan cabut cas HP sebelum mencapai 100%. Mengutip dari techadvisor.com, mengisi baterai lithium-ion dari 80 sampai 100% dapat merusak daya. Hal ini menyebabkan kapasitas baterai cepat menurun.

2. Hindari Cas HP di Tempat Panas

Hindari mengisi daya baterai di tempat terlalu panas atau dingin. Kinerja baterai optimal berada di suhu ruangan 20 sampai 30° C. Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin dapat merusak kapasitas baterai.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...