10 Film Terlaris Sepanjang Masa Berdasarkan Total Pendapatan

Image title
5 September 2022, 05:40
film terlaris sepanjang masa
IMDB.com
Ilustrasi, film Avatar (2009), film terlaris sepanjang masa

Kesuksesan sebuah film dapat diukur dengan berbagai metode, salah satunya menghitung total pendapatan. Film terlaris berarti film dengan total pendapatan yang tinggi. Menurut UNESCO Institute for Statistics, total pendapatan sebuah film dihitung dari penjualan tiket dibagi dengan jumlah tiket film yang terjual selama tahun referensi.

Berdasarkan data dari Box Office Mojo, film terlaris sepanjang masa adalah Avatar (2009). Film ini meraih total pendapatan sebesar US$2,8 miliar. Kepopuleran film ini dikarenakan efek animasi yang luar biasa serta fitur 3D yang membuat pengalaman menonton menjadi lebih nyata.

Selengkapnya, berikut daftar film terlaris sepanjang masa berdasarkan total pendapatan yang dikutip dari data Box Office Mojo.

1. Avatar (2009)

Total pendapatan: US$2,8 miliar

Sinopsis:

Ketika saudaranya terbunuh dalam perampokan, tentara AL Jake Sully yang lumpuh memutuskan untuk mengambil tempatnya dalam misi di dunia Pandora yang jauh. Di sana, ia mengetahui niat serakah Parker Selfridge untuk mengusir humanoid asli "Na'vi" untuk menambang bahan berharga yang tersebar di seluruh hutan.

Jake mengumpulkan pengetahuan tentang ras pribumi dan budaya mereka untuk unit militer yang bekerja sama yang dipelopori oleh Kolonel Quaritch. Imbalannya, Jake akan menerima operasi tulang belakang yang akan memperbaiki kakinya.

Secara bersamaan, Jake mencoba menyusup ke orang-orang Na'vi dengan menggunakan identitas "avatar". Jake mulai terikat dengan suku asli dan jatuh cinta dengan alien bernama Neytiri. Di sisi lain, Kolonel Quaritch yang gelisah bergerak maju dengan taktik pemusnahannya yang kejam, memaksa prajurit itu untuk mengambil sikap dan melawan dalam pertempuran epik.

2. Avengers: Endgame (2019)

Total pendapatan: US$2,7 miliar

Sinopsis:

Setelah peristiwa dahsyat dalam Avengers: Infinity War (2018), alam semesta hancur dan setengah dari populasi di seluruh semesta telah binasa. Dengan bantuan sekutu yang tersisa, Avengers berkumpul sekali lagi untuk membalikkan keadaan dan melawan Thanos.

Sepanjang jalan, Avengers menyadari bahwa akan ada pengorbanan harus dilakukan saat mereka mempersiapkan pertarungan terakhir melawan Thanos. Satu-satunya cara mengembalikan keadaan adalah menggunakan Infinity Stones. Namun, batu-batu itu telah lenyap.

Avengers mencari cara lain yang potensial ketika mereka bertemu Scott Lang alias Ant-Man. Scott menjabarkan tentang ilmu fisika kuantum yang memungkinkan mereka kembali ke masa lalu dan mengumpulkan Infinity Stones sebelum Thanos.

Atas bantuan Tony Stark dan Bruce Banner, sebuah mesin waktu portabel tercipta. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengambil batu Infinity Stones di tempat yang direncanakan.

Rencana mereka tak berjalan mulus. Pengorbanan demi pengorbanan harus mereka lakukan demi menyelamatkan alam semesta.

3. Titanic (1997)

Total pendapatan: US$2,2 miliar

Sinopsis:

Jauh di dasar laut, sekitar 3.800 meter di bawah permukaan Samudra Atlantik yang membeku, terdapat puing-puing bangkai kapal Titanic yang pernah kapal termegah dan sekarang kehilangan kejayaannya.

Hampir satu abad kemudian, pemburu harta karun, Brock Lovett, dan krunya mencoba mengungkap jawaban sebenarnya. Mereka dibantu oleh Rose DeWitt Bukater, salah seorang korban Titanic yang selamat. Rose mengawali ceritanya dengan kedatangan pemuda bernama Jack Dawson.

Setelah memenangkan tiket Titanic dari permainan kartu di dermaga, Jack Dawson melihat Rose DeWitt Bukater yang sedang dalam perjalanan ke Philadelphia untuk menikahi tunangan sombongnya yang kaya, Caledon Hockley.

Rose merasa tak berdaya dan terjebak dalam situasinya. Ia berjalan ke dek belakang dan berpikir untuk bunuh diri sampai dia diselamatkan oleh Jack. Mengetahui hal ini, Caledon mengundang Jack untuk makan malam bersama.

Seiring berjalannya waktu, Rose dan Jack menjadi semakin dekat. Ibu Rose dan Caledon mencoba untuk memisahkan mereka. Bahkan, Caledon mengunci Jack di sebuah ruangan agar tidak mendekati Rose.

Di suatu malam yang dingin, para kru Titanic menyadari ada sesuatu yang salah dengan kapalnya. Dalam waktu singkat, Titanic mulai tenggelam. Rose berusaha mencari Jack dan mereka berdua melarikan diri di tengah kekacauan.

Berbagai insiden menakutkan terjadi di kapal tersebut. Rose dan Jack harus menghadapi kenyataan bahwa kisah asmara mereka harus kandas seiring tenggelamnya kapal Titanic.

4. Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (2015)

Total pendapatan: US$2,06 miliar

Sinopsis:

30 tahun setelah kekalahan Darth Vader dan Empire, Rey, seorang pemulung dari planet Jakku menemukan droid BB-8 yang mengetahui keberadaan Luke Skywalker yang telah lama hilang. Saat ancaman baru datang, Rey, seorang pemulung gurun, dan Finn, seorang mantan stormtrooper, harus bergabung dengan Han Solo dan Chewbacca untuk mencari satu-satunya harapan untuk memulihkan perdamaian.

Mereka harus kabur dalam pelarian untuk menahan droid dari First Order. Mereka bertemu sepasang teman lama dan setelah beberapa pertempuran kecil antara mereka dan Orde Pertama yang ditentukan, droid itu dibawa ke markas Resistance. Di sana, banyak rencana dibuat untuk melawan First Order, sedangkan informasi rahasia di droid bekerja dengan sendirinya.

5. Avengers: Infinity War (2018)

Total pendapatan: US$2,04 miliar

Sinopsis:

Avengers: Infinity War merupakan film terlaris sepanjang masa kelima. Dalam film ini, Thanos memulai perburuannya untuk mendapatkan objek paling kuat di alam semesta, Infinity Stones. Dengan Space Stone yang diberikan oleh Loki dan Power Stone, Thanos mengirim Ebony Maw dan Cull Obsidian untuk mengambil Time Stone dari Doctor Strange di New York.

Di belahan bumi lain, Thanos juga mengutus Proxima Midnight dan Corvus Glaive untuk mengambil Mind Stone dari Vision/Paul Bettany. Sementara itu, Tony Stark bertemu dengan Bruce Banner, Doctor Strange, dan Wong. Dengan bantuan Peter Parker/Spider-Man, Stark dan Strange bergabung dan setuju untuk menghentikan Thanos.

Di luar angkasa, Thor terombang-ambing hingga ia ditemukan dan bergabung dengan Guardians of the Galaxy, Star-Lord, Drax, Rocket, Groot, Mantis, dan Gamora, putri Thanos yang memperingatkan Thor tentang kekuatannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement