14 Film Pencurian Terbaik, Penuh Aksi Pelarian yang Mendebarkan

Image title
12 September 2022, 06:19
film pencurian terbaik, film
imdb.com
Ilustrasi, poster film Mencuri Raden Saleh (2022).

Film pencurian termasuk dalam subgenre film kriminal yang berfokus pada perencanaan, eksekusi, dan akibat dari perampokan yang signifikan. Film pencurian berfokus pada perampokan skala besar atau serangkaian perampokan yang membutuhkan perencanaan serta kecerdikan yang rumit.

Seringkali, film pencurian terbaik menampilkan protagonis yang bekerja dengan sekelompok anggota kru dengan keahlian masing-masing. Film pencurian terbaik memiliki kerapian dalam struktur sehingga alur cerita berjalan dengan lancar.

Selain itu, film pencurian menampilkan beragam aksi seru dan mendebarkan yang membuat penonton larut dalam konfliknya. Ada banyak film pencurian terbaik yang dapat ditonton, berikut rekomendasinya.

1. Reservoir Dogs (1992)

Rekomendasi film pencurian terbaik yang pertama adalah Reservoir Dogs. Dalam film ini, enam preman yang asing satu sama lain disewa oleh bos kejahatan, Joe Cabot, untuk melakukan perampokan berlian.

Sebelumnya, mereka diberi nama palsu agar mereka tidak menjadi akrab sehingga dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaannya. Mereka benar-benar yakin bahwa perampokan akan berhasil. Namun, ketika polisi datang ke lokasi perampokan, kepanikan menyebar di antara anggota kelompok, dan dua dari mereka tewas dalam baku tembak.

Ketika orang-orang yang tersisa berkumpul di titik pertemuan yang direncanakan, mereka mulai curiga bahwa salah satunya adalah polisi yang menyamar.

2. Hell or High Water (2016)

Ungkapan "come hell or high water" dalam bahasa Inggris biasanya berarti "melakukan apa pun yang perlu dilakukan, tidak peduli keadaan". Begitu pula dalam film pencurian terbaik Hell or High Water yang menceritakan perampokan agen bank di Texas.

Setelah kematian ibunya, pekerja minyak dan gas yang menganggur bernama Toby Howard telah kehilangan peternakannya karena Texas Midlands Bank. Toby kini bercerai dari istrinya yang tinggal bersama kedua putra mereka.

Ketika saudaranya bernama Tanner Howard dibebaskan dari penjara, mereka bekerja sama untuk merampok agen Texas Midlands Bank untuk mengumpulkan uang dan membayar pinjaman sehingga Toby dapat meninggalkan real estat kepada putra-putranya.

Sementara itu, Ranger Texas bernama Marcus Hamilton yang hampir pensiun dan rekannya keturunan penduduk asli Amerika, Alberto Parker, mencoba mengantisipasi langkah pencuri selanjutnya.

3. Mission: Impossible - Rogue Nation (2015)

Pilihan film pencurian terbaik selanjutnya yaitu Mission: Impossible - Rogue Nation. Dalam kelanjutan serial film Mission Impossible ini, Direktur CIA Alan Hunley memutuskan untuk menutup IMF.

Meski demikian, Ethan Hunt berusaha membuktikan keberadaan organisasi jahat The Syndicate, tetapi dia ditangkap. Ethan berhasil melarikan diri dengan bantuan agen Syndicate misterius, Ilsa Faust.

Terperangkap di London, Ethan meminta dukungan dari William Brandt yang mengatakan kepadanya bahwa tidak dapat berbuat apa-apa untuk membantunya karena IMF tidak ada lagi. Ethan yang kesepian memutuskan untuk mengikuti satu-satunya petunjuknya, agen Syndicate Lane.

Beberapa bulan kemudian, Ethan memanggil teman dan mantan rekannya Benji Dunn untuk pergi ke Austria dan membantunya karena dia yakin The Syndicate akan membunuh Kanselir Austria selama opera Turandot.

Ethan menyelamatkan Kanselir dari tiga penembak jitu, tetapi dia terbunuh oleh bom di mobilnya. Salah satu penembak jitu adalah Ilsa yang memberikan petunjuk skema Lane kepada Ethan. Siapa agen Ilsa Faust? Akankah Ethan mampu membuktikan bahwa The Syndicate itu ada?

4. Three Kings (1999)

Dalam film Three Kings, sekelompok kecil tentara Amerika di Irak pada akhir Gulf War bertekad untuk mencuri simpanan besar berupa emas yang konon disembunyikan di suatu tempat di dekat pangkalan gurun mereka.

Mereka menemukan peta yang diyakini akan membawa mereka menuju lokasi emas tersebut. Mereka memulai perjalanan yang mengarah pada penemuan tak terduga, memungkinkan mereka untuk menerima tantangan heroik yang secara drastis mengubah hidup mereka.

5. Thief (1981)

Thief termasuk film pencurian terbaik yang layak disaksikan. Film ini menceritakan Frank, seorang ahli safecracker profesional dengan spesialisasi dalam pekerjaan seputar perampokan berlian.

Setelah menghabiskan bertahun-tahun di penjara, Frank memiliki gambaran yang sangat konkret tentang apa yang dia inginkan dari kehidupan, termasuk rumah yang bagus, seorang istri, dan anak-anak.

Frank berniat pensiun dan menjadi warga negara teladan. Dalam upaya untuk mempercepat proses ini, berencana melakukan pencurian untuk sebuah gangster besar. Sayangnya, obsesi Frank mengakibatkannya tidak waspada ketika membuat kesepakatan untuk pekerjaan terakhirnya.

Frank terjerat dan dirampok kebebasannya, kemandiriannya, serta mimpinya.

6. Drive (2011)

Film pencurian terbaik ini mengikuti seorang pria misterius yang memiliki banyak pekerjaan sebagai montir garasi, stuntman Hollywood, dan pengemudi pelarian. Tampaknya ia mencoba kabur dari masa lalunya saat ia jatuh cinta pada tetangganya, Irene, yang suaminya dipenjara dan merawat anak seorang diri.

Sementara itu, bos mekanik bengkelnya mencoba membentuk tim balap menggunakan uang gang yang melibatkan si pengemudi karena dia akan digunakan sebagai pembalap utama. Sekarang, sang pengemudi harus melindungi Irene dan Benicio dari mafia tersebut.

7. Baby Driver (2017)

Baby adalah pengemudi pelarian muda yang menderita gangguan pendengaran. Ia dapat melakukan gerakan liar apapun saat menggunakan mobil. Ini adalah bakat penting yang dia butuhkan untuk bertahan dari perbudakan kontraknya kepada bos kejahatan, Doc.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...