Rekomendasi Galeri dan Museum Seni yang Dapat Dikunjungi di Yogyakarta

Tifani
Oleh Tifani
13 September 2022, 15:16
museum seni
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ilustrasi, pengunjung memerhatikan karya maestro lukis Affandi

Yogyakarta memiliki banyak galeri dan museum seni yang tersebar hampir diseluruh kota budaya ini. Galeri dan museum seni ini menyimpan mahakarya dari para seniman lokal maupun mancanegara. Selain menambah pengetahuan tentang seni, pengunjung juga dapat bersantai menikmati suasana galeri dan museum seni yang tenang.

Dilansir dari laman pariwisata.jogjakota.go.id, banyak museum dan galeri seni di Yogyakarta dibuat semenarik mungkin.

Tujuannya agar dapat menarik minat para Pengunjung untuk berkunjung ke galeri dan museum seni yang ada di Yogyakarta. Kini sudah banyak galeri dan museum seni di Yogyakarta dibuat lebih instagramable.

Pengunjung dapat berfoto ria di beragam tempat foto yang disediakan. Berikut rekomendasi galeri dan museum seni di Yogyakarta yang dapat dikunjungi.

1. Sangkring Art Space

Sangkring Art Space didirikan oleh Putu Sutawijaya pada tahun 2007 lalu. Dengan misi “Merangkul, menggandeng, dan merengkuh puspa ragam seni dalam sebuah ruang seni”. Galeri dan museum seni ini bertujuan agar menjadi tempat berbagi para seniman dan penikmat seni.

Sangkring Art Space terbagi menjadi tiga ruangan seni yakni, Sangkring Art Space, Sangkring Art Project, dan Bale Banjar. Di dalam Sangkring Art Space pengunjung akan menemui beragam karya seni dari para seniman yang ekspresif.

Sangkring Art Space berlokasi di Jalan Nitiprayan No. 88, Kasihan, bantul, Yogyakarta. Sangkring Art Space buka setiap Senin sampai Sabtu mulai pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

2. Museum Ullen Sentalu

Di Museum Ullen Sentalu ini banyak menyimpan koleksi bersejarah dari masa Kerajaan Mataram. Pengunjung juga akan mendapatkan informasi mengenai beberapa jenis batik yang memiliki arti dan makna di setiap coraknya.

Bahkan juga dapat belajar bagaimana sejarah dan cara membatik. Museum Ullen Sentalu terletak 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, atau tepatnya berada kawasan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Letak Museum Ullen Sentalu tepat berada di bawah lereng Gunung Merapi, sehingga pengunjung dapat menikmati udara segar di museum ini.

Jika pengunjung sudah puas berkeliling melihat koleksi yang ada. Ada beberapa spot foto yang Instagramable di Museum Ullen Sentalu ini, seperti replika relief salah satu Candi Borobudur yang sengaja diletakkan miring dan banguan-bangunan unik lainnya.

Harga tiket masuk untuk museum ini sebesar Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anakanak. MuseumUllen Sentalu buka hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.30 hingga 15.00 WIB.

3. Jogja Gallery

Jogja Gallery diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006. Tujuan pembangunan Jogja Gallery ini untuk mendukung pelestarian karya seni di Yogyakarta. Di Jogja Gallery pengungjung dapat melihat berbagai karya seni rupa, mulai dari lukisan hingga film

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...