Infaq Adalah Sedekah untuk yang Membutuhkan, Ini Jenis dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
15 September 2022, 14:01
Infaq Adalah
pixabay.com/mohamed Hassan
Ilustrasi, Infaq

Infaq dan zakat saling berkaitan dengan menyisihkan harta untuk orang yang membutuhkan. Dalam ajaran Islam, diperintahkan untuk saling berbagi menyisihkan uang atau harta benda pada orang yang lebih membutuhkan.

Menurut KBBI, infaq adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat dan non zakat. Infaq tidak harus diberikan pada mustahik tertentu, umat muslim bisa memberikan pada kerabat, anak yatim, keluarga, maupun orang yang membutuhkan.

Pengertian Infaq

Menurut istilah syariat, infaq adalah mengeluarkan sebagian harta yang diperintahkan dalam Islam. Mengeluarkan sebagian harta ini untuk kepentingan umum yang bisa diberikan pada orang tua, kerabat, sahabat, dan orang lain yang membutuhkan.

Mengutip dari buku Ekonomi Islam SMK/MAK Kelas XII, berinfak disebut juga membelanjakan sebagian harta yang dimiliki. Berdasarkan hukum, infaq dikategorikan menjadi dua yaitu infaq wajib dan sunnah.

Contoh infaq wajib yaitu zakat, kafarat, dan nazar. Sedangkan infaq sunnah yaitu memberikan sebagian harta untuk fakir miskin, bencana alam, dan kemanusiaan.

Ada juga istilah shadaqah dalam ajaran Islam. Shadaqah berasal dari kata shadaqah yang artinya benar. Pengertian shadaqah hampir sama dengan infaq tetapi berbeda ketentuannya. Infaq berkaitan dengan materi, sedangkan shadaqah punya arti lebih luas yang sifatnya non materiil.

Macam-Macam Infaq

1. Infaq Mubah

Infaq mubah yaitu mengeluarkan sebagian harta untuk perkara mubah. Contohnya saja bercocok tanam dan berdagang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...