Mengenang Ibu Soed, Musisi 3 Zaman Pencipta Lagu Anak-anak

Tifani
Oleh Tifani
15 September 2022, 13:38
Ibu Soed
Katadata
Ilustrasi, not lagu.

Ibu Soed merupakan sosok dibalik terciptanya beragam lagu anak-anak dan lagu nasional. Seperti lagu kupu-kupu yang lucu, becak, burung kutilang, naik delman, tanah airku, bendera merah putih adalah sedikit dari sekian banyak lagu ciptaan Ibu Soed.

Semasa hidupnya, Ibu Soed telah membuat lebih dari 200 judul lagu. Ia juga dikenal sebagai musisi tiga zaman, yakni penjajahan Belanda, Jepang dan kemerdekaan Indonesia.

Advertisement

Kariernya di bidang musik bahkan sudah dimulai jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Karyanya pertama kali disiarkan dari radio NIROM Jakarta, periode 1927-1928.

Profil Singkat Ibu Soed

Ibu Soed atau Saridjah Niung lahir di Sukabumi, Jawa Barat, pada 26 Maret 1908. Saridjah merupakan putri bungsu dari 12 orang bersaudara. Ayah kandung Saridjah bernama Mohamad Niung, seorang pelaut asal Bugis yang menetap lama di Sukabumi, kemudian menjadi pengawal Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer.

Mengutip buku "Sarijah Bintang Sudibyo" karya Sumardi, Kramer adalah seorang indo-Belanda. Ia merupakan pensiunan Wakil Ketua Hoogerechtshof (Kejaksaan Tinggi) di Jakarta pada masa itu. Kramer kemudian mengangkat Saridjah sebagai anak. Kemahiran Saridjah di bidang musik, terutama bermain biola, sebagian besar dipelajari dari ayah angkatnya.

Selepas mempelajari seni musik dan belajar cara memainkan Biola, Ibu Soed melanjutkan pendidikannya di Hoogere Kweek School di Bandung untuk memperdalam ilmunya dibidang seni suara dan musik. Setelah Menyelesaikan pendidikannya, Ibu Soed mengajar di Hollandsch Inlandsche School. Dari mengajar inilah Ibu Soed mulai mengarang lagu.

Pada 1927 Ibu Soed menikah dengan Raden Bintang Soedibjo. Nah, dari nama Soedibjo yang diambil dari nama suaminya tersebut, ia kemudian lebih dikenal dengan nama Ibu Soed. Sambil mengajar, Ibu Soed mulai menggubah dan menciptakan lagu yang bercerita tentang keadaan negerinya kala itu.

Lagu pertaman yang Ibu Soed ciptakan pada tahun 1927 sayangnya, lagu itu luput dari ingatan masyarakat. Pada tahun 1928, Lagu ciptaan Ibu Soed untuk pertama kalinya mengudara dan disiaran anak Vereniging Voor Oosterse Radio Omroep radio milik pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Beberapa lagu ciptaan Ibu Soed yang cukup terkenal hingga saat ini antara lain, Lagu Gembira, Waktu Sekolah Telah Usai, dan Adik Mulai Berjalan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement