Mengenal Frasa Nomina, Verba, dan Adjektiva Beserta Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
15 September 2022, 17:37
frasa nomina adalah
Pexels/Lisa
Ilustrasi, seseorang membaca cerpen.

Frasa merupakan kelompok kata yang bertindak sebagai unsur kalimat. Ciri-ciri frasa terdiri dari dua kata atau lebih yang memiliki satu makna gramatikal. Sifat frasa adalah non predikatif atau tidak berhubungan dengan predikat.

Frasa memiliki fungsi gramatikal yang dibedakan berdasarkan kategori kata. Dalam buku Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat, dalam tata bahasa transformasional, frasa adalah seperangkat unsur sintaktik yang membentuk konstituen.

Bussmann menjelaskan dalam tata bahasa, jenis frasa yang penting dikenal yaitu frasa nomina, verba, dan frasa preposisi. Umumnya frasa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kategori kata. sebagai penyusun utama. Berikut penjelasan mengenai frasa nomina, verba, dan adjektiva yaitu jenis frasa berdasarkan kategori kata.

Jenis Frasa Berdasarkan Kategori Kata

1. Frasa Nomina

Frasa nomina adalah jenis frasa yang dibentuk dari penggabungan kata benda. Frasa nomina ini dipakai untuk menggantikan kata benda. Contoh frasa nomina yaitu ranting pohon, kancing baju, dan gagang pintu. Terdapat 3 jenis frasa nomina yaitu nomina modifikatif, nomina koordinatif, dan apositif.

Contoh Frasa Nomina

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...