Sistem Hukum Adalah Aturan yang Mengikat, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
16 September 2022, 13:04
sistem hukum adalah
pixabay.com/succo
Ilustrasi, sistem hukum.

Dalam suatu negara atau wilayah terdapat aturan hukum yang berlaku. Suatu negara memiliki aturan hukum yang perlu ditaati oleh pemerintah dan warga negaranya. Tetapi negara ini menganut sistem hukum yang berbeda satu sama lain.

Sistem hukum terdiri dari dua kata yaitu sistem dan hukum. Menurut KBBI, sistem adalah seperangkat unsur yang teratur saling berkaitan hingga membentuk suatu totalitas. Sedangkan hukum adalah peraturan atau adat yang resmi dianggap mengikat dan dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah.

Dari penjelasan diatas, sistem hukum saling berhubungan satu sama lain. Sistem hukum ada dan tertulis dalam peraturan undang-undangan yang sifatnya mengikat.

Pengertian Sistem Hukum

Menurut Mariam dari Bellefroid, sistem hukum adalah keseluruhan aturan yang disusun berdasarkan asas tertentu. Mengutip dari gramedia.com, sistem hukum merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai macam unsur yang bertujuan untuk kesatuan.

Sistem hukum ini menjadi kesatuan sistem yang terdiri dari berbagai komponen. Masing-masing sistem memiliki fungsi tersendiri, saling mengikat, dan menjaga kesatuan hubungan. Sistem hukum juga menjadi suatu kesatuan yang disusun dari sub sistem terkecil misalnya subsistem pendidikan, penerapan hukum, dan pembentukan hukum.

Ciri-ciri hukum yaitu adanya perintah atau larangan yang sifatnya memaksa dan mengikat orang. Jika orang tersebut melanggar, terdapat sanksi yang nyata dan tegas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...