3 Urutan Nonton Film Dilan Lengkap dengan Sinopsisnya

Annisa Fianni Sisma
20 September 2022, 14:22
urutan nonton film dilan
imdb.com
Ilustrasi, poster official film Dilan 1990.

Dilan merupakan salah satu kisah anak SMA yang fenomenal, karena menyajikan bercandaan yang unik dan gombalan yang tak usang oleh waktu. Film ini mengisahkan dua orang remaja yang saling mencintai tetapi gagal karena perbedaan prinsip.

Film Dilan hadir dalam 3 film, yang menyajikan kronologi kisahnya hingga Milea dan Dilan bertemu di reuni. Oleh karena itu, penggemar harus mengetahui urutan nonton film Dilan agar mampu memahami ceritanya.

Film ini menampilkan latar belakang tahun 90-an di Bandung. Film yang diperankan Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan ini menampilkan khas anak SMA tahun 90-an dengan gaya bicara yang masih hangat pada era tersebut.

Urutan Nonton Film Dilan

Agar memahami alur ceritanya, sebaiknya film ini ditonton sesuai dengan urutannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut urutan nonton film Dilan selengkapnya.

1. Dilan 1990

Film Dilan 1990 menjadi urutan nonton film Dilan pertama. Dilan 1990 rilis pada 25 Januari 2018 dan diperankan oleh Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan. Kisahnya yang menarik sempat membuat Dilan 1990 menjadi trending.

Dilan 1990 menceritakan seorang siswi baru pindahan dari Jakarta bernama Milea. Ia memiliki paras yang cantik dan membuat banyak anak sekolah yang menyukainya, salah satunya yakni Dilan.

Milea sebenarnya sudah memiliki pacar di Jakarta, tetapi perjuangan Dilan pun tidak sia-sia. Meskipun, Dilan dikenal sebagai anak nakal dan selalu membuat masalah, Dilan juga memiliki gaya yang unik. Dia suka bertengkar dan kerap dipanggil guru tetapi dia juga anak yang cerdas.

Dilan pun berusaha mendekati Milea dengan cara-cara unik dan tak terpikirkan oleh Milea. Berbagai kejutan dan hadiah yang mengesankan sangat menarik bagi Milea. Akhirnya, Milea pun menyukai Dilan dan keduanya resmi berpacaran. Kisahnya tak berhenti di situ saja, Dilan 1991 akan menyajikan kelanjutan kisah Dilan dan Milea.

2. Dilan 1991

Urutan nonton film Dilan berikutnya, adalah Dilan 1991. Film Dilan kedua ini melanjutkan kisah pada 22 Desember 1990. Saat itu, Dilan dan Milea resmi berpacaran. Kebahagiaan mereka cukup terusik dengan Dilan yang diancam dikeluarkan dari sekolah karena berkelahi dengan Anhar. Anhar diperankan oleh Giulio Parengkuan.

Dilan menjadi sering berkelahi. Ia juga banyak mendapatkan ancaman dan musuh. Milea yang khawatir dengan masa depan Dilan, melarang Dilan ikut geng motor dan berkelahi lagi. Benar saja, suatu ketika, Dilan dikeroyok oleh orang yang tidak ia kenal. Setelah mencari tahu siapa musuh utamanya, Dilan pun membalas dendam.

Milea yang mengetahui hal itu meminta Dilan berhenti dari geng motor. Milea yang khawatir akhirnya menyampaikan hal tersebut. Milea bahkan mengancam jika Dilan tetap ikut geng motor, maka hubungan mereka berakhir.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement