Mengintip Pesona Kawah Candradimuka Dataran Tinggi Dieng

Tifani
Oleh Tifani
22 September 2022, 11:17
Kawah Candradimuka
Dok. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara
Ilustrasi, Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka merupakan salah satu destinasi wisata alam di Banjarnegara, Jawa Tengah. Keberadaan kawah ini memang tidak sepopuler Kawah Sikidang maupun Sileri Dieng. Namun kawah ini juga memiliki panorama alam yang tidak kalah menarik di Dataran Tinggi Dieng.

Bagi masyarakat sekitarnya, arti dari nama Candradimuka diambil dari dua kata, yaitu 'candra' yang berarti bulan dan 'muka' yang berarti wajah. Karena itu Candradimuka diibaratkan melihat bulan hanya satu di depannya saja tanpa melihat bulan di bagian belakang.

Advertisement

Salah satu yang menjadi daya tarik Kawah Candradimuka, adalah air kawah yang kerap berubah-rubah warnanya. Kawah ini terkadang berwarna biru, selanjutnya berubah menjadi abu-abu, hingga kadang-kadang juga berwarna putih. Panorama di sekeliling kawah juga tak kalah menakjubkan berupa tebing-tebing tinggi.

Pesona Wisata Kawah Candradimuka

Para wisatawan dapat menyaksikan dari dekat lubang kawah. Kemudian, bagi yang ingin melakukan kegiatan menantang, dapat mencoba trekking menuju lubang kawah yang cukup menguji adrenalin dengan bebatuan besar.

Banyak wisatawan yang melakukan perjalanan di jalur trekking menuju Kawah Candradimuka, yang cukup menantang melalui batu-batuan besar. Namun, jika ingin menyaksikan keindahan hamparan perbukitan hijau memesona, para wisatawan hanya perlu naik ke atas tebing.

Para wisatawan juga dapat berkunjung ke sumber air panas di dekat kawah. Ada tiga sumber mata air yang dianggap oleh sebagian orang mempunyai beragam khasiat. Hal ini membuat banyak wisatawan mengambil air di tempat tersebut untuk obat segala penyakit.

Fasilitas yang ada di Kawah Candradimuka tergolong masih minim, namun cukup membantu wisatawan. Fasilitasnya ada area parkir, toilet, dan musala. Jika ingin mencari makanan, terdapat warung kuliner yang terletak di sekitar destinasi wisata.

Warung ini menyediakan camilan, makanan berat, hingga minuman. Untuk menikmati keindahan Kawah Candradimuka para wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Selain menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata alam di Banjarnegara, Kawah Candradimuka terkenal akan cerita legenda sosok Gatotkaca. Kawah Candradimuka ini terbilang baru dijadikan sebagai kawasan wisata. Walau begitu banyak pengunjung yang tertarik ke tempat ini karena cerita legenda tersebut.

Mengutip buku berjudul "The Drakness of Gatotkaca", konon kawah ini merupakan tempat lahir dan menimba kekuatan Gatotkaca, putra salah satu Pandawa, yaitu Bima.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement