Mengenal Neutron, Pengertian, Fungsi dan Ciri-cirinya

Tifani
Oleh Tifani
30 September 2022, 20:19
Neutron
Katadata
Ilustrasi, neutron pada struktur atom.

Neutron adalah salah satu partikel penyusun atom yang tidak memiliki muatan positif ataupun negatif. Dalam ilmu kimia, neutron disebut sebagai partikel atom yang netral.

Dikutip dari buku Rangkuman Penting Intisari 4 Mata Pelajaran Utama SMA yang ditulis oleh Sukma Pratiwi S.Pd, pengertian neutron adalah partikel subatom yang tidak memiliki muatan atau bersifat netral.

Advertisement

Istilah neutron berasal dari bahasa Latin, yakni neutral yang berarti tidak memiliki muatan atau bersifat netral. Perbedaan utama dari neutron dengan partikel subatomik lainnya adalah mereka tidak bermuatan.

Neutron kebanyakan terdapat dalam inti atom dari semua atom, kecuali atom hidrogen. Sama halnya dengan partikel proton, neutron terletak di bagian inti atom karena neutron tidak akan stabil apabila terletak di luar inti atom.

Sejarah Penemuan Neutron

Ernest Rutherford melalui penelitiannya yang sukses mendapatkan beberapa hasil namun terdapat kejanggalan mengenai massa inti atom yang selalu lebih besar daripada massa proton di dalam inti atom.

Rutherford menduga bahwa partikel lain di dalam inti atom yang tidak bermuatan karena atom bermuatan positif disebabkan adanya proton yang bermuatan positif.

Kemudian pada tahun 1930-an, dugaan Rutherford dibuktikan oleh J. Chadwick yang menemukan partikel dasar ketiga yang terletak dalam inti atom dan tidak bermuatan. Partikel tersebut dikenal dengan nama neutron.

Partikel subatomic ini memiliki massa 940 MeV/c² (1.6749 × 10−27 kg, sedikit lebih berat dari proton. Chadwick membuktikan keberadaan neutron melalui percobaan penembakan lapisan tipis berilium dan boron dengan partikel α (alfa).

Hasilnya adalah pancaran radiasi energi yang sangat tinggi. Dari percobaan tersebut didapatkan bahwa partikel yang menimbulkan radiasi berdaya tembus tinggi memiliki sifat netral, atau bisa dikatakan tidak bermuatan, serta memiliki massa yang lebih berat dari proton yaitu 1 sma.

Percobaan itu membuat Chadwick dianugerahi hadiah Nobel fisika pada tahun 1935 atas penemuan satu lagi partikel subatomic, yaitu neutron.

Neutron Bermuatan Listrik Nol

Jika proton bermuatan positif (+1), netron tidak bermuatan, sedangkan elektron bermuatan negatif (-1). Setiap unsur (kimia) memiliki jumlah atom yang berbeda dengan unsur yang lain, tapi jumlah proton dan elektron di dalam satu atom selalu sama. itu sebabnya atom dikatakan netral.

Tidak seperti partikel subatomic lainnya, perbedaan utama dari neutron adalah mereka tidak bermuatan, bersifat netral, dan memiliki muatan sama dengan 0 (nol). Sifat neutron ini membuat penemuannya lebih terbelakang dan membuatnya sulit diamati secara langsung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement