10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan untuk Calon Mahasiswa

Tifani
Oleh Tifani
4 Oktober 2022, 08:18
jurusan kuliah yang menjanjikan
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.
Ilustrasi, kenteri BUMN Erick Thohir menyampaikan paparan pada Kuliah Tamu Menteri BUMN di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (18/6/2022).

Memilih jurusan kuliah yang menjanjikan menjadi fokus seorang siswa sekolah menengah atas (SMA) tingkat akhir, ketika hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Maklum, para calon mahasiswa harus mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih jurusan kuliah. Selain sesuai minat bakat, kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan ketika lulus nantinya, juga menjadi pertimbangan.

Advertisement

Beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan, memiliki prospek kerja hingga gaji yang kompetitif. Beberapa jurusan studi ini, bahkan benar-benar dicari oleh perusahaan, serta merupakan bidang yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Dilansir dari laman www.mydegreeguide.com berikut ini sederet jurusan kuliah yang menjanjikan.

1. Komunikasi

Jurusan komunikasi dapat menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan, karena merupakan bidang kajian ilmu yang cukup luas dan fleksibel. Dalam artian, jurusan ini terbuka untuk hampir semua bidang industri.

Bahkan lembaga non-profit juga memerlukan lulusan dari jurusan kuliah yang menjanjikan ini. Gari lulusan jurusan komunikasi dapat mencapai ratusan juta rupiah per tahun, namun tetap tergantung dari bidang yang digeluti.

2. Keuangan dan Akuntansi

Keuangan menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan, sekaligus salah satu lulusan yang banyak dicari di dunia kerja. Pasalnya, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan.

Peluang karier lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan. Gaji seorang yang baru lulus jurusan akuntansi di Indonesia bisa mencapai Rp 6.000.000 per bulan.

Angka ini tentu sangat bervariasi tergantung dengan kemampuan, pengalaman, jabatan, serta tempat bekerja. Untuk level manajer sendiri gajinya bisa mencapai belasan juta atau bahkan puluhan juta per bulan. Tak pelak, jurusan akuntansi banyak menjadi pilihan, karena menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan.

3. Ekonomi dan Bisnis

Prospek kerja untuk lulusan jurusan ekonomi dan bisnis cukup mudah didapatkan. Sebab, salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan bagi calon mahasiswa ini dibutuhkan dalam berbagai sektor penting.

Mulai dari perdagangan, produksi, hukum, pemerintahan, hingga politik, membutuhkan lulusan jurusan ekonomi dan bisnis. Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi yang bergelut di bidang bisa mencapai belasan rupiah per bulannya.

4. Manajemen

Jurusan manajemen juga menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan, dan diburu oleh calon mahasiswa. Bidang manajemen juga memiliki gaji yang fantastis.

Tidak heran apabila jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. Namun, hal ini dikarenakan besarnya tanggung jawab serta pekerjaan yang harus diselesaikan.

Jurusan manajemen menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan, karena sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan pada berbagai sektor, mulai dari sektor swasta, hingga instansi pemerintah. Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya dan bisa ditemukan di hampir semua Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

5. Teknologi Informasi

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya, adalah teknologi informasi. Kuliah di jurusan ini menjamin kompetensi yang memadai dalam optimasi dan pemeliharaan sistem jaringan perusahaan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement