Menilik Ragam Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan dari Berbagai Bidang

Tifani
Oleh Tifani
4 Oktober 2022, 09:51
jurusan kuliah IPA yang menjanjikan
Freepik
Ilustrasi, ilmu pengetahuan alam (IPA).

Jurusan kuliah IPA yang menjanjikan menjadi salah satu fokus pemikiran, terutama bagi siswa sekolah menengah atas (SMA) tingkat akhir, yang hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Ini tidak mengherankan. Sebab, jurusan sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu studi yang memiliki prospek kerja tinggi. Pasalnya, jurusan sains memiliki bidang yang beragam, sama beragamnya dengan bidang sosial.

Ada banyak fokus studi yang harus dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah IPA yang menjanjikan. Selain harus sesuai bakat dan minat, memilih jurusan harus diselaraskan dengan kebutuhan di dunia kerja dan potensinya di masa depan.

Berikut ini, adalah ulasan mengenai jurusan kuliah IPA yang menjanjikan, dilansir dari ruangguru.com, berdasarkan bidang-bidangnya.

Ragam Jurusan Kuliah Bidang IPA

Seperti telah disebutkan sebelumnya, jurusan kuliah IPA yang menjanjikan terbagi menjadi beberapa bidang, seperti IPA dan matematika, kesehatan atau medis, teknik, ilmu komputer dan teknologi, serta arsitektur.

1. Bidang Sains dan Matematika

Bidang sains dan matematika merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang menjanjikan, yang memiliki beragam konsentrasi studi. Adapun, beberapa konsentrasi studi yang berada di dalam lingkup bidang sains dan matematika, adalah sebagai berikut:

  • Astronomi

Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan astronomi adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Kurikulum jurusan astronomi ini memiliki tiga sub-bidang kajian, yakni galaksi dan kosmologi, fisika bintang, serta tata surya.

Mata kuliah di jurusan sains yang satu ini, juga mencakup berbagai ilmu, seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.

  • Geografi

Meski di bangku SMA, studi mengenai geografi dipelajari di IPS. Namun, sebenarnya ilmu ini masuk dalam kategori ilmu sains. Secara garis besar, mahasiswa jurusan geografi dibekali pengetahuan menganalisis persoalan yang menyangkut ekologi dan kajian wilayah.

Mata kuliah yang akan didapatkan, antara lain sistem informasi geografis, evaluasi dan konservasi sumber daya alam, oseanografi, geografi pariwisata hingga analisis risiko bencana alam.

  • Bioteknologi

Bioteknologi merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang menjanjikan. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai mikrobiologi, genetika, kimia pangan fungsional, Imunologi, dan bioinformatika.

  • Jurusan Matematika

Materi yang akan dipelajari di jurusan matematika adalah campuran antara matematika murni dan aplikasi. Beberapa di antaranya merupakan materi yang mengasah logika, seperti algoritma dan pemrograman.

Semasa kuliah, mahasiswa mempelajari teori, serta pembuktian dari teorema-teorema dalam matematika. Jurusan matematika juga memiliki beberapa konsentrasi, seperti matematika murni, riset operasi, komputasi, pemodelan, keuangan dan aktuaria, aljabar, statistik.

2. Bidang Kesehatan atau Medis

Bidang kesehatan juga termasuk salah satu jurusan kuliah IPA yang menjanjikan, karena memiliki berbagai konsentrasi beragam.

  • Kedokteran

Jurusan yang satu ini tentunya sudah tidak asing. Sistem pembelajaran untuk Jurusan Kedokteran akan berbeda antara satu perguruan tinggi dengan yang lainnya.

Secara umum, di bidang kesehatan ini, materi yang diajarkan mulai dari dasar pemahaman fisiologis dan homeostasis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, hingga keterampilan klinis.

Masa pendidikan unruk menjadi dokter juga cukup panjang, jika dihitung dari kuliah, koas, dan internship, setidaknya butuh 7 tahun untuk mahasiswa Kedokteran mengantongi izin praktek atau STR.

  • Kedokteran Hewan

Mahasiswa jurusan kedokteran hewan dibekali kemampuan teori dan praktik sesuai bidang ini. Jurusan ini masuk dalam kategori jurusan kuliah IPA yang menjanjikan, karena memiliki beragam profesi dengan prospek yang bagus.

Beberapa profesi yang dimaksud, meliputi Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, Anatomi Veteriner, Farmakologi, Ilmu Bedah Umum Veteriner, dan Manajemen Kesehatan Satwa Aquatik.

Seperti Jurusan Kedokteran umum, mahasiswa jurusan ini juga dibekali dengan pendidikan profesi, setelah menyelesaikan fase akademik selama 8 semester.

  • Kedokteran Gigi

Jurusan kedokteran gigi memiliki tahapan belajar yang kurang lebih sama dengan jurusan kedokteran, dan kedokteran hewan. Dimulai dengan fase akademik lalu dilanjut dengan pendidikan profesi.

Contoh konsentrasi studi di jurusan kedokteran gigi, antara lain oral biologi, pedodonsia, konservasi gigi, farmakologi, dan Ilmu kesehatan anak.

  • Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan.

Patut diingat, farmasi di sini tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja, tetapi juga industri kosmetik. Lulusan farmasi terlatih meracik, menganalisis, dan mengindentifikasi obat-obatan serta kosmetik, yang sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

  • Keperawatan

Ilmu keperawatan termasuk bidang ilmu yang banyak peminatnya. Sebab, keberadaan perawat sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter. Sebagai seorang perawat, seseorang akan belajar cara penanganan pasien yang tugasnya nggak kalah penting dari dokter.

  • Ilmu Gizi

Seperti nama jurusannya, ini merupakan studi yang mempelajari masalah gizi. Di jurusan ini, seseorang akan mengecek hubungan makanan dan minuman dengan kesehatan dan penyakit tubuh. Spesifiknya, berkaitan langsung sama nutrisi.

Di jurusan ilmu gizi, seseorang akan belajar tentang hubungan antara pertumbuhan manusia, produktivitas, serta kualitas kesehatan tubuh.

Selain itu, seseorang juga akan dibekali ilmu tentang berbagai jenis penyakit, ilmu dasar patofisiologi serta anatomi tubuh manusia dan kaitannya dengan interaksi makanan, organ tubuh, obat-obatan, dan fitokimia.

  • Kesehatan Masyarakat

Ilmu kesehatan masyarakat menjadi salah satu jurusan kulian IPA yang menjanjikan. Di jurusan ini, seseorang akan mempelajari mengenai pencegahan penyakit dan tindakan promosi kesehatan di masyarakat.

Jadi, tidak hanya belajar tentang bagaimana agar masyarakat tetap sehat, tetapi juga dibekali skill kampanye kesehatan. Dengan belajar di jurusan ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga harapan hidup masyarakat menjadi terjamin. Pada jurusan ilmu kesehatan masyarakat, seseorang bisa memilih peminatan yang sesuai dengan keinginan.

Beberapa peminatan tersebut, antara lain Biostatistik, Epidemiologi, Promosi Kesehatan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kesehatan Lingkungan, Manajemen Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi. Kemudian, Manajemen Rumah Sakit, dan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK).

  • Kebidanan

Tidak seperti jurusan lainnya, jurusan Kebidanan punya syarat khusus yaitu hanya untuk perempuan. Di jurusan ini, seseorang akan mempelajari bagaimana membantu proses persalinan seorang ibu.

Namun tak hanya sebatas proses persalinan saja, tapi juga merangkap proses mulai dari fase-fase dalam kehamilan, menyusui, merawat, tumbuh kembang bayi, hingga program Keluarga Berencana (KB).

Di jurusan ini, juga akan belajar lebih dalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga.

3. Bidang Teknik

Bidang teknik juga termasuk salah satu jurusan kuliah IPA yang menjanjikan, karena memiliki bidang studi yang beragam, plus prospek kerja yang cerah.

Adapun, konsentrasi studi di bidang teknik, adalah sebagai berikut:

  • Teknik Geologi

Lingkup pengetahuan teknik geologi ini mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Hal yang menjadi fokus kajiannya, adalah mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

  • Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Peluang kerja lulusan jurusan ini cukup luas, terutama di negara yang sedang melakukan pengembangan infrastruktur.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...