2 Cara Mengatasi Akun Twitter yang Dibatasi

Twitter memiliki kebijakan membatasi akun demi mencegah akun tersebut disalahgunakan pihak lain. Bila Anda sedang mengalaminya, berikut dua cara mengatasi akun Twitter yang dibatasi.
Image title
5 Oktober 2022, 18:24
Cara Mengatasi Akun Twitter yang Dibatasi
Unsplash
Ilustrasi, akun Twitter yang dibatasi atau di-block.

Sebagai salah satu platform media sosial, Twitter terus menghadirkan fitur terbaru demi meningkatkan kenyamanan pengguna. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna, Twitter juga semakin meningkatkan keamanan nya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,  misalnya pencurian data pengguna.

Sebagai pengguna aktif Twitter, Anda pasti pernah menemukan beberapa akun yang di suspend atau Anda sendiri pernah mengalami masalah terkait akun yang dibatasi.

Hal ini umum terjadi karena sistem secara otomatis mendeteksi adanya pelanggaran yang dilakukan oleh akun. Dengan membatasi akun tersebut, sistem bisa mencegah sesuatu yang membahayakan pengguna lain.

Proses penangguhan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu penangguhan sementara untuk pelanggaran ringan dan penangguhan permanen untuk pelanggaran berat.

Advertisement

Cara Mengatasi Akun Twitter yang Dibatasi

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan akun Anda seperti semula. Simak dua cara yang ada di bawah ini

1. Melalui Verifikasi Informasi

  • Pertama, buka aplikasi Twitter di smartphone atau website Twitter melalui browser yang ada di PC/laptop Anda. 
  • Kemudian, lakukan login dengan memasukkan username dan password Anda.
  • Bila Anda melihat keterangan akun Anda dibatasi, kik Go to Twitter untuk masuk ke dalam profil akun.
  • Bukaa Informasi. Di sini, Twitter akan menginformasikan bahwa akun Anda terindikasi melakukan pelanggaran sehingga mungkin Twitter akan meminta Anda menghapus tweet yang terindikasi melanggar peraturan Twitter.
  • Setelah melakukan persyaratan dari Twitter, tambahkan informasi lain sebagai bagian  dari proses review akun dari Twitter. 
  • Kirim review informasi tersebut
  • Tunggu proses review dari Twitter untuk mengembalikan akun Anda yang dibatasi.
  • Selesai

2. Melalui Penambahan Nomor

  • Pertama, buka aplikasi Twitter di smartphone atau website Twitter melalui browser yang ada di PC/laptop Anda. 
  • Kemudian, lakukan login dengan memasukkan username dan password Anda.
  • Cari pesan dari Twitter yang berisi pemberitahuan bahwa akun Anda dibatasi.
  • Lalu, klik Go to Twitter untuk masuk ke dalam profil Twitter
  • Pilih opsi More yang berada di sisi kiri bawah opsi Profile dengan simbol tiga titik..
  • Kemudian, pilih menu Settings & Privacy.
  • Selanjutnya, klik menu Phone di sisi kanan sebelah layar.
  • Masukkan nomor HP Anda. pastikan gunakan nomor yang sama saat Anda membuat akun Twitter.
  • Kemudian, cek SMS dari Twitter yang berisi kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi tersebut lalu klik Kirim untuk membuka kunci akun Anda.

Alasan Kenapa Akun Twitter Dibatasi  

Akun twitter biasanya akan dibatasi oleh sistem secara otomatis. Bila sebuah akun terdeteksi melakukan pelanggaran, maka Twitter akan segara membatasi akun tersebut. Namun, ada juga yang dibatasi secara manual bila ada laporan dari pengguna lain. 

Kenapa sebuah akun bisa dibatasi? Jika Anda sedang mengalami, simak empat pelanggaran yang paling umum terjadi di bawah ini 

1. Spam

Ini merupakan penyebab umum kenapa akun Anda dibatasi. Sistem keamanan Twitter sudah semakin canggih sehingga bisa membedakan mana postingan atau komentar yang bersifat spam dan mana yang bukan.

Pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran yang ringan sehingga akun Anda hanya an dibatasi untuk smentara waktu. Namun, dalam beberapa kasus, ada juga beberapa akun yang di suspend karena telah melakukan tingkat spam yang sangat tinggi atau dilakukan berulang kali

2. Akun di Hack

Alasan berikutnya adalah bisa jadi akun Anda telah di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Saat itu terjadi, maka sistem secara otomatis mendeteksi bahwa akun account security at risk yang artinya  akun Anda sedang dalam risiko disalahgunakan oleh pihak lain. Setakh itu, sistem akan membatasi akun Anda untuk msnetara watu sampai menajdi milik Anda kembali.

Bila Anda tidak bisa mengakses akun Anda, segera buat laporan kepada pihak Twitter supaya akun Anda segera di lock. Dengan demikian, akun Anda tidak disalahgunakan oleh pihak yang melakukan hacking.

3. Penyalahgunaan Fitur Twitter

Penyebab sebuah akun di suspend secara permanen karena ada penyalahgunaan fitur Twitter untuk keuntungan pribadi pemilik akun tersebut. Misalnya, mengirimkan pesan secara abusive kepada pengguna lain, memanfaatkan celah sistem, dan semacamnya.

Pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran berat sehingga Twitter akan bertindak tegas dengan membatasi akun yang melanggar tersebut secara permanen.

4. Penggunaan Melawan Hukum

Bla ada pengguna yang menyalahgunakan konten yang menjurus kepada pelanggaran hukum (hukum negara maupun internasional), pastinya akun tersebut akan di banned secara permanen. Tidak hanya itu, IP akun tersebut juga akan di banned sehingga pengguna yang melanggar tidak bisa membuka akun lain lagi

Contoh penyalahgunaan konten yang melanggar hukum, adalah rasis, memposting konten  dewasa,serta penipuan. Oleh karena itu, pastikan Akun Anda aman dari hal-hal semacam ini agar bisa diakses sampai kapanpun. 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait