Memahami Cara Membuat Spaces di Twitter Sebagai Ruang Diskusi

Destiara Anggita Putri
5 Oktober 2022, 19:32
Cara Membuat Spaces di Twitter
Unsplash
Ilustrasi, media sosial Twitter.

Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang terus menghadirkan fitur-fitur menarik demi memberikan pengalaman yang berbeda untuk penggunanya. Buktinya, pada tahun 2021, Twitter meluncurkan fiture bernama Spaces.

Spaces merupakan fitur dimana pengguna dapat terhubung satu sama lain dengan pengguna lainnya dengan berkomunikasi via audio. Selain itu, para pengguna juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuka ruang diskusi yang membahas tentang berbagai topik di satu ruang maya yang sama.

Saat fitur ini diluncurkan, banyak orang yang beranggapan bahwa fitur ini mirip dengan aplikasi Clubhouse yang sempat menjadi aplikasi favorit. Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna yang memiliki perangkat Android maupun iOS.

Di dalam fitur Spaces, terdapat berapa pengguna Twitter dengan perannya masing-masing. Peran tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. Host

Maksud dari host ini adalah pemimpin. Itu berarti host berperan memimpin jalannya diskusi sekaligus membuat ruang diskusi tersebut. Di dalam Spaces, host memiliki kendali atas ruang diskusi yang ia buat. Ia juga bebas menambahkan pembicara, pendengar, atau co-host untuk membantunya.

Host juga diberikan akses untuk mematikan atau menghidupkan mikrofon para pengguna Twitter atau pembicara yang bergabung dengan Space-nya.

2. Co-Host

Seorang co-host berperan mendampingi host selama Space berlangsung. Di dalam Space, host dapat memilih dua pengguna untuk menjadi co-host nya.

Host bahkan bisa mengembalikan status dari co-host menjadi pendengar. Jika ada host sebelumnya yang keluar dari Space, maka seorang co-host pertama akan mengambil alih ruang diskusi tersebut.

3. Pembicara dan Pendengar 

Pembicara dan Pendengar adalah para pengguna yang diberikan izin untuk menerima atau memberikan pendapat selama Space berlangsung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...