Mengenal 6 Prospek Kerja Teknik Industri

Tifani
Oleh Tifani
5 Oktober 2022, 15:50
prospek kerja teknik industri
Freepik
Ilustrasi, aktivitas produksi pabrik.

Prospek kerja teknik industri menjadi satu fokus utama seseorang masuk ke fakultas teknik, utamanya konsentrasi teknik industri. Hal ini dikarenakan, lulusan jurusan teknik industri berpeluang masuk ke berbagai bidang di dunia kerja.

Teknik industri adalah bidang ilmu yang mempelajari cara mengoptimalisasi kegiatan produksi, termasuk di dalamnya manajemen produksi. Lulusan jurusan ini bertanggung jawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

Ada banyak hal yang dipelajari bidang studi ini, sehingga prospek kerja teknik industri cukup luas dan menjanjikan. Di jurusan ini, mahasiswa dilatih untuk memiliki kemampuan melakukan analisis, berpikir sistematis, manajerial, problem solving, membuat keputusan, bekerja dalam tim, pemahaman matematika, dan pemahaman dasar teknologi.

Berikut ini, adalah beberapa profesi yang bisa menjadi pertimbangan bagi mahasiswa jurusan teknik industri.

Prospek Kerja Teknik Industri

Seperti telah disebutkan sebelumnya, lulusan jurusan teknik industri memiliki kesempatan membangun karir di berbagai profesi. Pasalnya, jurusan ini membahas industri secara luas, sehingga prospek kerjanya juga bervariatif.

Dikutip dari laman teknikindustriuajy.id dan quipper.com, berikut ini sederet prospek kerja teknik industri, baik profesi maupun bidang kerja:

1. Teknisi

Teknisi menjadi prospek kerja teknik industri yang menjanjikan, terutama bagi seseorang yang baru menyelesaikan studi di teknik industri. Profesi ini memiliki peran sentral dalam aktivitas produksi pabrik, mulai dari mengontrol proses produksi, hingga operasi pabrik.

Seorang teknisi bertugas mengatur dan mengontrol bahan baku dalam proses produksi, agar sesuai dengan ketentuan perusahaan. Lalu, menjamin terpenuhinya standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan pekerja produksi. Selain itu, teknisi bertugas melakukan kajian terhadap rancangan pabrik, serta mempelajari pabrik untuk masa yang akan datang.

Memulai karir sebagai teknisi menjadi salah satu prospek kerja teknik industri yang layak dilirik. Sebab, profesi ini memiliki jenjang karir yang jelas, yakni dimulai dari staf hingga manajer. Jika seorang teknisi selalu mengasah kemampuannya, serta menimba ilmu lanjutan, bukan tidak mungkin posisi Vice President atau bahkan Direktur, bisa diraih.

2. Bagian Operasional dan Logistik

Bagian operasional dan logistik termasuk prospek kerja teknik industri yang menarik untuk ditekuni. Bidang ini bagian dari proses supply chain management.

Fungsi bagian operasional dan logistik memiliki fungsi penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian efektifitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi, hingga ke titik konsumsi.

Prospek kerja teknik industri di bagian operasional dan logistik ini, dapat dimulai dari posisi staf hingga terus melangkah ke posisi manajer.

3. Cost Control Engineer

Cost control engineer merupakan salah satu prospek kerja teknik industri yang cerah. Bidang kerja ini bertugas mengendalikan seluruh faktor yang ada di dalam pabrik. Tak hanya itu, mereka yang bekerja sebagai cost control engineer juga mengendalikan faktor-faktor pekerjaan.

Tugasnya antara lain, merencanakan dan mengatur persediaan produk setiap bulan. Selain itu, memastikan segala kebijakan yang terkait cost control diterapkan dengan baik, memeriksa setiap persediaan produk disertai bukti dokumen, dan memastikan segala transaksi sesuai dengan dokumen yang ada.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...