Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Tindakan Medis dan Alami

Annisa Fianni Sisma
7 Oktober 2022, 16:27
cara mengobati sakit gigi berlubang
FREEPIK
Ilustrasi, sakit gigi.

Gigi berlubang dapat dialami oleh siapapun, tak mengenal usia. Orang dewasa maupun anak kecil berpotensi terkena sakit gigi berlubang.

Gigi berlubang yang dibiarkan dapat memperparah kondisi mulut. Selain adanya pembusukan gigi, jika tidak segera diobati, masalah gigi berlubang ini akan menyebabkan nafas bau.

Advertisement

Ada berbagai cara yang bisa diambil untuk menghilangkan masalah gigi berlubang. Mengutip Halodoc, berikut ini beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Tindakan Medis

Salah satu cara untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang, adalah melalui tindakan medis, yakni sebagai berikut:

1. Prosedur Crown

Jika mengalami gigi berlubang atau bahkan pembusukan gigi, maka kemungkinan besar dokter gigi akan menyarankan pembuatan crown atau mahkota.

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang cukup parah ini menggunakan gigi palsu. Gigi palsu tersebut akan dipasang di atas gigi yang bermasalah.

Sebagian gigi yang rusak akan dikikis dan dicocokkan dengan tumpukkan mahkota palsu. Gigi palsu ini dapat terbuat dari berbagai logam seperti emas, porselen, resin, porselen fusi logam, dan lain sebagainya.

2. Tambal Gigi

Tambal gigi merupakan cara mengobati sakit gigi berlubang yang biasa disebut filling. Tambal gigi adalah tindakan medis yang umum dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang dan dapat disarankan oleh dokter atau diajukan oleh pasien.

Pertama, dokter akan membersihkan bagian gigi yang rusak dengan bor gigi. Setelah itu, dokter akan menambal gigi tersebut dengan bahan seperti porselen, komposit, perak, dan lain sebagainya.

3. Perawatan Cahaya Neon

Perawatan yang masih dalam tahap pengembangan ini, ternyata merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang. Seperti namanya, teknik mengatasi gigi berlubang ini dengan cahaya neon.

Cahaya neon akan mendeteksi perkembangan rongga gigi dengan lebih efektif daripada sinar X atau pemeriksaan gigi biasa. Cahaya neon dapat melihat risiko pembusukan gigi lebih awal.

Adanya perawatan ini, dapat mencegah pembusukan gigi dan gigi berlubang lebih cepat ditangani.

4. Fluoride

Flouride kerap disebut sebagai bahan untuk mengatasi gigi brerlubang. Namun, bahan ini digunakan saat lubang gigi masih kecil atau dalam masa permulaan.

Cara mengobati sakit gigi berlubang ini dilakukan oleh dokter. Fluoride yang berjenis cair, gel, busa, atau pernis ini digosokkan ke gigi selama beberapa menit.

5. Perawatan Saluran Akar

Merawat saluran akar atau root canal dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang. Perawatan ini akan dilakukan jika gigi telah membusuk hingga bagian dalam gigi atau saraf yang mati.

Dokter akan membuang jaringan yang sudah mati tersebut. Setelah itu, dokter akan membersihkan dan menambal gigi itu agar gigi tak perlu dicabut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement