Memahami Cara Melihat Insight Twitter untuk Memantau Aktivitas Tweet

Destiara Anggita Putri
7 Oktober 2022, 20:54
cara melihat insight Twitter
Unsplash
Ilustrasi, tampilan media sosial Twitter.

Dengan banyaknya media sosial yang terus bermunculan, Twitter tetap berdiri tegak sebagai salah satu media sosial terpopuler di dunia. Alasannya adalah karena Twitter terus menghadirkan fitur-fitur menarik yang membuat para penggunanya tidak bisa berpaling dari platform ini.

Bila Anda pengguna aktif Twitter, pastinya Anda sudah mengetahui adanya fitur Insight pada setiap tweet yang Anda posting. Insight sendiri merupakan suatu teknik analisis pada setiap media sosial seperti Twitter atau Instagram yang berisi tentang banyaknya interaksi yang terjadi antar pengguna.

Dengan fitur ini di Twitter, pengguna bisa melihat tingkat interaksi pada setiap postingan mereka dengan para pengikutnya atau akun-akun lain yang saling berhubungan. Biasanya, insight ditampilkan dalam bentuk grafik, angka angka, gambar dan penjelasan mengenai interaksi di suatu postingan dari akun pengguna tersebut. Insight juga berguna untuk mengetahui tentang audiens juga

Jika Anda ingin melihat Insight Twitter Anda, ada cara yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Melihat Insight Twitter 

  • Pertama. buka aplikasi Twitter Anda.  Pastikan Anda sudah mengupdate nya ke versi yang paling terbaru.
  • Atau, bila Anda membukanya lewat laptop, kunjungi analytics.twitter.com untuk melihat analisis tweet Anda.
  • Lakukan login dengan memasukkan username dan password Anda.
  • Setelah beranda akun Twitter Anda muncul, klik foto profil di kiri atas untuk memunculkan berbagai opsi.
  • Pilih Profil untuk menuju halaman profil akun
  • Setelah itu, Cari tweet yang ingin Anda lihat insightnya.
  • Pilih dan klik tweet tersebut untuk menampilkan halaman yang berisi rincian tweet secara full
  • Kemudian, klik saja pada menu Melihat Aktivitas Tweet yang ada di bawah.

    Cara Lain Melihat Insight Twitter

    TIdak hanya melalui aplikasi atau website, Anda juga bisa melakukannya dengan cara lain. Simak cara lain tersebut dibawah ini

    1. Cek Kunjungan Profil

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan. Biasanya, jumlah kunjungan profil Twitter Anda akan ditampilkan di bagian atas dasbor analitik penggunaan.

Kunjungan profil ini telah dijumlah selama periode 28 hari dan akan terus diperbarui setiap harinya. Untuk tampilannya, bisanya juga dimunculkan bersama grafik mini yang menunjukkan data dari waktu ke waktu 

Dengan melihat kunjungan profil ini, Anda bisa mengetahui berapa banyak akun lain yang mengunjungi profil Anda. Selain itu, Anda juga bisa memantau  apakah terjadi kenaikan atau penurunan pada kunjungan profil sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan tweet yang akan diposting nantinya.

2. Cek Mentions

Cara ini hampir sama dengan melihat kunjungan profil. Anda cukup melihat @mentions selama 28 hari terakhir seiring berjalanya waktu. Biasanya, Twitter akan menampilkan mentions teratas setiap bulannya.

Mentions teratas  akan dihitung berdasarkan berapa banyak akun lain melibatkan tweet Anda tersebut sebagai konteks tambahan mereka. Cara ini juga bisa menjadi alat layanan pelanggan untuk pengguna akun Twitter bisnis.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...