7 Prospek Kerja Ilmu Tanah yang Patut Dipertimbangkan

Tifani
Oleh Tifani
7 Oktober 2022, 12:47
prospek kerja ilmu tanah
Katadata
Ilustrasi, peneliti ilmu tanah.

Ilmu tanah merupakan bidang ilmu yang mengkaji tanah sebagai sumber daya alam. Dilansir dari laman nasih.staff.ugm.ac.id, jurusan ilmu tanah mempelajari berbagai aspek yang terkait dengan kimia tanah, geologi, biologi tanah, fisika tanah hingga perencanaan wilayah.

Prospek kerja ilmu tanah cukup menjanjikan dan banyak dibutuhkan. Pasalnya tanah merupakan salah satu sumber daya alam (SDA) vital yang mendukung keberlangsungan hidup umat manusia. Dilansir dari laman uns.ac.id, berikut sederet prospek kerja ilmu tanah yang patut untuk dipertimbangkan.

Advertisement

1. Surveyor Tanah

Surveyor tanah sangat erat kaitannya dengan proyek bangunan. Sebelum proyek bangunan dikerjakan, seorang surveyor tanah yang berperan terlebih dulu dengan melakukan pengukuran dan perencanaan sebelum pekerjaan konstruksi dilakukan.

Surveyor akan melakukan pengukuran dengan mencermati posisi, bentuk dan luas tanah. Kemudian hasilnya akan dibutuhkan untuk rencana pengembangan konstruksi.

Saat melakukan pekerjaannya, surveyor tanah harus mengetahui beberapa hal mengenai ilmu ukur, rancang bangun, matematika, fisika, serta ilmu hukum. Surveyor juga bekerja di perusahaan konstruksi atau konsultan.

Seorang surveyor juga harus menguasai teknik pengolahan data. Misalnya, saat seorang surveyor menggunakan teknik GPS Geodetik, ia juga harus bisa menguasai post processing.

2. Teknisi Konservasi Lingkungan

Seorang teknisi konservasi lingkungan bertugas untuk memantau perkembangan lingkungan, menyajikan informasi serta memberikan solusi terhadap masalah lingkungan. Jika seorang teknik konservasi lingkungan bekerja di bawah industri, ia akan bertanggung jawab pada desain, produksi dan pemeliharaan peralatan di pabrik yang mencegah polusi.

Bahkan seorang teknisi konservasi lingkungan juga bisa melakukan analisis setelah mengetahui angka polusi udara, kebisingan, dan kualitas air yang dihasilkan industri. Jadi, peran teknisi konservasi lingkungan adalah mengembangkan peralatan anti polusi dan mengukur polusi udara.

3. Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dosen kerap disebut sebagai ilmuwan karena kapasitas ilmu yang ia miliki.

Tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, juga seni melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Selain melaksanakan perkuliahan juga tutorial, dosen diharapkan dapat terus melakukan penelitian pada bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa.

Sebagai seorang ilmuwan, dosen perlu mempublikasikan secara teratur karya tulis ilmiah dan hasil penelitiannya di konferensi akademik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement