Melirik 6 Prospek Kerja Fisika Murni yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
10 Oktober 2022, 10:58
prospek kerja fisika murni
Freepik
Ilustrasi, guru Fisika.

Jurusan fisika murni dapat menjadi program studi (prodi) yang patut dipertimbangkan oleh banyak siswa sekolah menengah atas (SMA) tingkat akhir, yang tengah memilih prodi untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Pasalnya propsek kerja fisika murni, sejatinya cukup menjanjikan dan memiliki banyak peluang karier.

Fisika murni adalah salah satu jurusan kuliah di bidang ilmu sains dan teknologi. Jurusan ini tidak hanya membahas teori seputar ilmu fisika murni, namun juga perkembangan dan praktiknya.

Advertisement

Prospek kerja fisika murni tergolong menjanjikan, karena lulusannya telah dibekali beberapa keahlian, di luar pemahaman fisika dan matematika. Beberapa keahlian yang dimaksud, antara lain kemampuan riset, melakukan analisis, berpikir rasional, berpikir terstruktur, problem solving. Selain itu, lulusan fisika murni juga dikenal sebagai pribadi yang detail, tetiti, dan tekun.

Berikut ini, adalah ulasan singkat mengenai beberapa profesi dan bidang kerja yang bisa dimasuki oleh para lulusan ilmu fisika murni.

Ragam Prospek Kerja Fisika Murni

Seperti telah disebutkan, lulusan fisika tergolong sebagai salah satu jurusan yang memiliki pilihan karier yang menjanjikan. Beberapa pilihan karier atau bidang kerja yang dimaksud, adalah sebagai berikut:

1. Fisikawan

Menjadi fisikawan, merupakan salah satu prospek kerja fisika murni yang menarik. Sesuai namanya, fisikawan adalah ilmuwan yang melakukan penelitian di bidang fisika. Profesi ini mempelajari berbagai fenomena fisik dalam berbagai cabang fisika, mulai dari partikel sub-atom hingga perilaku materi alam semesta secara keseluruhan (kosmologi).

Ada banyak nama terkenal yang berangkat dari profesi fisikawan ini, misalnya Albert Einstein, dan Stephen Hawking. Indonesia sendiri memiliki beberapa fisikawan terkemuka, salah satunya adalah Suharyo Sumowidagdo, yang menggeluti fisika partikel eksperimental. Ia pernah menjadi bagian dalam tim peneliti di Organisasi Riset Nuklir Eropa (conseil européen pour la recherche nucléaire/CERN), sebelum kemudian kembali ke Indonesia.

Prospek kerja fisika murni sebagai fisikawan ini, tergolong menantang dan cocok bagi seseorang yang memiliki tingkat penasaran yang tinggi akan ilmu alam, termasuk fisika. Namun, untuk mencapainya, tidak cukup hanya menyelesaikan pendidikan strata satu (S1). Melainkan, hingga tingkat pendidikan paling tinggi, yakni doktoral atau Doctor of Philosophy (Ph.D)

2. Peneliti

Prospek kerja fisika murni berikutnya, adalah menjadi seorang peneliti, baik di lembaga penelitian negara, maupun institusi riset dan pengembangan internasional.

Sesuai dengan namanya, seorang peneliti bertanggung jawab melakukan aktivitas penelitian dan pengembangan. Aktivitas yang dilakukan biasanya berorientasi jangka panjang, terkait dengan riset ilmiah murni, maupun pengembangan aplikatifnya di bidang teknologi.

Prospek kerja fisika murni sebagai peneliti di lingkup lembaga penelitian negara, bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) ke lembaga negara yang khusus menyelenggarakan kegiatan penelitian, yakni Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Lembaga ini melakukan berbagai penelitian, termasuk di bidang fisika, seperti penelitian terkait penerbangan dan antariksa, nuklir, serta nanoteknologi dan material. Kemudian, instrumentasi fisis dan optoelektronika, serta fisika teoritik dan komputasi.

Sementara, prospek kerja fisika murni sebagai peneliti di institusi penelitian bisa dilakukan dengan bergabung ke beberapa lembaga penelitian seperti CERN, National Institute for Nuclear Physics (Italia), Helmholtz Association of German Research Centres (Jerman), Max Planck Society (Jerman), dan Fermi National Accelerator Laboratory (Amerika Serikat).

3. Akademisi

Akademisi merupakan salah satu prospek kerja fisika murni yang mulia. Sebagai seorang akademisi, lulusan fisika murni bisa berkarier menjadi seorang guru atau dosen.

Profesi ini tergolong mulia, karena guru dan dosen bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada generasi penerus bangsa terkait berbagai bidang ilmu. Termasuk di dalamnya ilmu fisika.

Prospek kerja fisika murni sebagai seorang guru atau dosen, memberi ruang bagi seseorang untuk memberikan materi-materi terkait fisika. Serta mendorong siswa dan mahasiswa untuk tertarik dengan fisika, serta melakukan percobaan bersama terkait bidang fisika.

4. Data Scientist

Menjadi data scientist, adalah salah satu prospek kerja fisika murni yang layak dilirik. Ini merupakan profesi yang berada di balik teknologi pengolahan data. Data scientist memiliki tanggun jawab yang luas, dari analisis sampai mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement