10 Prospek Kerja Kimia Murni yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
10 Oktober 2022, 12:08
prospek kerja kimia murni
Katadata
Ilustrasi, staf laboratorium tengah melakukan penelitian.

Prospek kerja kimia murni yang cukup luas, menjadi pertimbangan utama seseorang memasuki jurusan atau program studi (prodi) kimia. Ini karena bidang kimia sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Selama pendidkan, mahasiswa jurusan kimia akan mempelajari struktur, sifat, dan reaktivitas suatu zat. Selain itu, mempelajari juga soal fisika kimia, yakni pokok bahasan yang mempelajari sifat-sifat zat di lapangan. Materi ini, diambil jika mahasiswa ingin memfokuskan diri pada senyawa organik, senyawa anorganik, protein, dan sebagainya.

Advertisement

Prospek kerja kimia murni tergolong cukup luas, karena lulusan prodi ini dibekali beberapa kemampuan, seperti kemampuan meneliti, melakukan analisis, pemahaman kimia, pemahaman spasial dalam fisika, serta pemahaman matematika.

Berikut ini, adalah ulasan mengenai prospek karier yang dapat ditekuni oleh lulusan prodi kimia.

Prospek Kerja Kimia Murni

Jurusan kimia merupakan ilmu yang mempelajari materi pada skala molekuler dan berbagai reaksi yang terjadi di dalamnya. Nantinya di jurusan ini, seseorang akan mempelajari struktur, komposisi, sifat materi dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana seluruh komponen tersebut saling berinteraksi membentuk materi yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun, prospek kerja kimia murni yang patut dipertimbangkan oleh mahasiswa prodi kimia atau siswa sekolah menengah atas (SMA) tingkat akhir, yang tengah memilih jurusan studi di jenjang lebih tinggi, adalah sebagai berikut

1. Peneliti dan Teknisi Kimia

Mengutip quipper.com, peneliti dan teknisi kimia bisa menjadi salah satu prospek kerja kimia murni yang menarik ditekuni.

Dua profesi ini, biasanya bekerja di perusahaan swasta seperti pabrik kimia. Tugasnya, adalah untuk mengembangkan produk kimia baru, yang linear dengan bisnis inti perusahaan. Misalnya, untuk produk plastik, serat kimia, karet sintetis, dan lainnya.

Selain di perusahaan yang bergerak di bidang kimia dasar, profesi peneliti dan teknisi kimia juga terbuka di lembaga penelitian negara atau institusi pendidikan. Prospek kerja kimia murni sebagai peneliti di Indonesia sendiri cukup menjanjikan, karena berpeluang untuk berkarya di lembaga seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

2. Peneliti di Bidang Bioteknologi

Bioteknologi merupakan bidang yang berkembang pesat dewasa ini. Sehingga, bidang ini bisa menjadi salah satu prospek kerja kimia murni yang menarik untuk ditelisik.

Sebagai ahli bioteknologi, seseorang akan mempelajari sifat kimia, genetik, dan fisik sel, jaringan, dan organisme untuk mengembangkan teknologi, proses, dan produk baru yang akan mengatasi beberapa masalah terbesar yang dihadapi masyarakat.

Prospek kerja kimia murni sebagai ahli bioteknologi ini tergolong menjanjikan dan menantang. Sebab, profesi ini melakukan manipulasi organisme hidup atau komponennya, untuk merancang atau meningkatkan vaksin, obat-obatan, efisiensi energi atau produktivitas dan keamanan pangan.

3. Farmakolog

Prospek kerja kimia murni berikutnya, adalah menjadi seorang farmakolog atau pharmacologists. Ini merupakan profesi yang sangat dibutuhkan di industri farmasi.

Seorang farmakolog memahami cara kerja obat-obatan dan obat-obatan lain dan bagaimana mereka diproses oleh tubuh sehingga dapat digunakan secara efektif dan aman.

Prospek kerja kimia murni sebagai farmakolog, sangat erat kaitannya dengan kegiatan penelitian. Sebab, seorang farmakolog bertugas menyelidiki bagaimana obat berinteraksi dengan sistem biologis.

Selain itu, farmakolog juga melakukan penelitian in vitro (menggunakan sel atau jaringan hewan), atau penelitian in vivo (menggunakan hewan utuh), untuk memprediksi efek obat tertentu terhadap manusia.

Hasil dari penelitian atau pekerjaan seorang farmakolog, akan digunakan untuk beberapa hal, antara lain:

  • Menemukan obat-obatan baru.
  • Meningkatkan efektivitas dan keamanan obat-obatan yang telah beredar.
  • Memahami bagaimana dan mengapa orang bereaksi berbeda terhadap obat yang berbeda.
  • Mencari tahu mengapa beberapa obat menyebabkan kecanduan atau efek samping yang tidak diinginkan.

4. Ahli Kimia Analitik

Menjadi ahli kimia analitik atau analytical chemist, juga menjadi salah satu prospek kerja kimia murni yang patut diperhitungkan.

Ahli kimia analitik bekerja menggunakan berbagai metode, untuk menyelidiki komposisi kimia zat. Tujuannya, adalah untuk mengidentifikasi dan memahami substansi dan bagaimana ia berperilaku dalam kondisi yang berbeda.

Prospek kerja kimia murni sebagai ahli kimia analitik cukup luas, karena dapat bekerja di berbagai bidang, yakni sebagai berikut:

  • Formulasi dan pengembangan obat.
  • Analisis kimia atau forensik.
  • Pengembangan proses.
  • Validasi produk.
  • Kontrol kualitas.
  • Toksikologi.

5. Teknisi Laboratorium Klinis

Prospek kerja kimia murni lainnya, adalah menjadi teknisi laboratorium klinis. Tenaga laboratorium dibutuhkan untuk melakukan eksperimen, menyiapkan bahan dan keperluan lain di laboratorium.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement