Mengintip 9 Prospek Kerja Teknik Elektro

Tifani
Oleh Tifani
10 Oktober 2022, 17:29
prospek kerja teknik elektro
ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
Ilustrasi, mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) Iman Ramadhan (kanan), dan mahasiswi D3 Teknik Laboratorium Medik UMS Putri Widianingrum, menunjukkan cara kerja inovasi Box COVID-19 atau alat sterilisasi uang otomatis di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/5/2020).

Teknik elektro menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup dipertimbangkan oleh banyak orang. Pasalnya prospek kerja teknik elektro cukup menjanjikan dan dicari oleh banyak perusahaan multinasional.

Dilansir dari website umn.ac.id, teknik elektro adalah bagian dari bidang teknik yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika dan electromagnetism.

Di jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan tentang pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, desain, pengembangan, dan manufaktur perangkat listrik dan elektronik. Selain itu, para mahasiswa juga akan mendalami metode pembangkit listrik dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol hemat energi.

Jadi, selama masa perkuliahan tidak hanya akan berurusan dengan kabel-kabel tapi juga belajar tentang desain, pengembangan, serta pengawasan produksi peralatan elektronik juga.

Setelah lulus dari jurusan ini, alumni Teknik elektro akan memiliki prospek kerja tinggi, karena akan terus dibutuhkan dalam kaitannya dengan teknologi praktis dan infrastruktur.

Dengan demikian, para sarjana Teknik elektro punya peluang besar mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang baik setelah lulus nanti. Berikut pilihan pekerjaan teknik elektro yang memiliki prospek tinggi.

1. Robotic Engineer

Salah satu prospek kerja teknik elekro adalah menjadi seorang robotic engineer. Industri otomotif dan robotik yang kian masif seiring dengan perkembangan teknologi, sangat membutuhkan peran robotik engineer untuk memproduksi robot.

Lulusan Teknik elektro yang berminat di bidang ini memiliki prospek kerja tinggi karena pekerjaan robot engineer tidak melulu menciptakan robot berbentuk seperti manusia, namun juga mengembangkan penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

2. Electrical Design Engineer

Lulusan jurusan teknik elektro juga dapat berkarir sebagai electrical design engineer atau insinyur desain listrik dapat bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi, dan sebagainya. Profesi ini mirip dengan insinyur lainnya, namun lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan.

Lulusan Teknik elektro yang bekerja di bidang ini nantinya akan bertugas untuk memberikan layanan pemeliharaan atau pemasangan untuk sistem kelistrikan yang ada.

3. Hardware Engineer

Prospek kerja teknik elektro selanjutnya dapat menjadi seorang hardware engineer akan berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan teknologi baru. Pada pekerjaan ini akan memiliki tanggung jawab dalam membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya. Tugasnya mulai dari merancang dan mengkompilasi komponen seperti prosesor komputer, hard drive, papan sirkuit hingga chip agar efisien saat digunakan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...