6 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh saat Musim Hujan

Destiara Anggita Putri
10 Oktober 2022, 19:52
makanan untuk meningkatkan imun tubuh
pixabay.com
Ilustrasi, oatmeal, yang merupakan salah satu makanan sehat kaya manfaat.

Di musim hujan yang sedang berlangsung ini, biasanya banyak orang yang mulai jatuh sakit. Hal ini dikarenakan penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih mudah dan cepat dalam kondisi lembab.

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda untuk menghadapi cuaca dingin dengan menyediakan payung dan jaket. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menjaga asupan makanan Anda agar tubuh tetap sehat dan hangat.

Pada musim hujan, banyak orang cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan makan dapat sedikit  meningkatkan metabolisme sehingga membantu menghangatkan tubuh.

Untuk menjaga kondisi tubuh Anda,, tentunya Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat yang bernutrisi tinggi serta rendah kalori. Apa saja? Berikut enam makanan untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan.

1. Sup Ayam

Makanan sehat yang bisa Anda konsumsi saat musim hujan adalah sup ayam. Makanan ini sering menjadi comfort food bagi orang yang sakit.  Tidak hanya itu, makanan ini juga mengandung asupan cairan dan nutrisi berupa vitamin dan protein yang bersumber dari sayuran dan ayam didalam sup. 

Banyak manfaat kesehatan yang terkandung dari bahan-bahan yang ada di sup ayam. Bawang putihnya mengandung fitonutrien yang bisa memperkuat imun tubuh, mengurangi kecapekan dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu. Tidak hanya, kandungan ini juga mampu mengurangi masalah pencernaan serta mengatasi iritasi pada saluran lambung. 

Bawang putih juga baik dikonsumsi untuk menghancurkan bakteri berbahaya di dalam usus yang kerap menjadi penyebab diare atau disentri. Mengkonsumsi sup ini dalam kondisi yang masih panas juga bisa menghangatkan tubuh  dan melegakan pernafasan.

2. Sup Labu

Selain sup ayam, sup labu juga cocok dikonsumsi ketika musim hujan, Makanan yang dikenal sebagai pumpkin soup  ini banyak mengandung vitamin A dan antioksidan seperti lutein dan karoten sehingga dapat menghangatkan tubuh. Sup labu juga mengandung serat yang tinggi yang bisa membuat Anda merasa kenyang setelah memakannya.

Anda bisa menambahkan sedikit kayu manis  dan pala untuk membuat sup labu lebih lezat. Tambahkan juga cabai rawit bila Anda lebih suka sup labu dengan rasa yang pedas. 

3. Wonton Soup

Sup selanjutnya yang bisa dijadikan hidangan di musim hujan adalah wonton soup. Makanan dari negara cina ini sangat mudah dibuat serta lezat dan bergizi. Wonton soup sendiri merupakan pangsut yang disajikan kuah hangat sehingga cocok dijadikan hidangan untuk menghangatkan tubuh di musim hujan.

Pangsit dalam sup ini terbuat dari daging cincang, telur, udang bawang daun, bawang putih dan bumbu lainnya. Kemudian, semua bahan ini dicampur dan dimasukkan ke dalam lembaran adonan pangsit.

Makanan ini mengandung banyak nutrisi. Hanya dengan mengkonsumsi semangkuk sup wonton, Anda telah mendapatkan 71 kalori yang terdiri dari lemak, karbohidrat dan protein.  Tidak hanya itu, sup ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin K, tiamin, riboflavin, vitamin B12, dan asam pantotenat. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement