Memahami 14 Asas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Annisa Fianni Sisma
11 Oktober 2022, 03:55
perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, lingkungan hidup
PEXEL
Ilustrasi, demonstrasi mendukung perlindungan lingkungan hidup.

Lingkungan hidup menjadi isu yang berkelanjutan dan selalu relevan untuk diperbincangkan. Tanah, air, udara dan seluruh ekosistemnya ini adalah bagian dari lingkungan hidup. Oleh karena itu, topik tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta asas penyelenggaraannya, menarik untuk dibahas.

Dasar hukum terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, termaktub dalam Undang-undang (UU) Nomor 32 tahun 2009. Dalam UU 32/2009, lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Eksploitasi lingkungan hidup memunculkan kesadaran pentingnya ada upaya perlindungan dan pengelolaan terhadapnya. Oleh karena itu, muncul ketentuan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup. Selain itu, dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

Asas Pelaksanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup dilaksanakan berdasarkan 14 asas yakni tanggung jawab negara, kelestarian dan keberlanjutan, keserasian dan keseimbangan, keterpaduan, manfaat, kehati-hatian, keadilan, dan ekoregion. Lalu, keanekaragaman hayati, pencemar membayar, partisipatif, kearifan lokal, tata kelola pemerintahan yang baik, dan otonomi daerah.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasan tentang asas perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

1. Asas Tanggung Jawab Negara

Asas ini menegaskan bahwa negara menjamin pemanfaatan sumber daya alam akan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan mutu hidup rakyat, baik generasi kini maupun masa depan. Selain itu, negara menjamin hak warga negara atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Negara juga harus mencegah dilakukannya kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang menimbulkan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

2. Asas Kelestarian dan Keberlanjutan

Asas ini berarti bahwa setiap orang memikul kewajiban dan tanggung jawab terhadap generasi mendatang terhadap sesamanya dalam satu generasi dengan melakukan upaya pelestarian daya dukung ekosistem dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

3. Asas Keserasian dan Keseimbangan

Asas ini menegaskan terkait pemanfaatan lingkungan hidup yang harus memperhatikan berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut yakni kepentingan ekonomi, sosial, budaya, dan perlindungan serta pelestarian ekosistem.

4. Asas Keterpaduan

Asas Keterpaduan menegaskan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dilakukan dengan memadukan berbagai unsur atau menyinergikan berbagai komponen terkait.

5. Asas Manfaat

Asas Manfaat ini menjelaskan bahwa segala usaha dan/atau kegiatan pembangunan yang dilaksanakan disesuaikan dengan potensi sumber daya alam dan lingkungan hidup. Tujuan dari tindakan tersebut yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dan harkat manusia selaras dengan lingkungannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...