Tidak Melulu di Sektor Migas, Ini Prospek Kerja Teknik Geologi

Tifani
Oleh Tifani
11 Oktober 2022, 12:51
prospek kerja teknik geologi
Katadata
Ilustrasi, lulusan teknik geologi bekerja di pertambangan minyak dan gas (migas).

Teknik geologi merupakan salah satu jurusan atau program studi yang memiliki banyak peminat. Pasalnya prospek kerja teknik geologi terbilang menjanjikan dan memiliki banyak peluang pekerjaan.

Peluang karir yang biasanya menjadi pilihan lulusan teknik geologi umumnya di sektor minyak dan gas (migas). Namun, prospek kerja teknik geologi tak hanya di bidang pertambangan saja.

Advertisement

Dikutip dari laman itb.ac.id, program studi (prodi) teknik geologi mempelajari ilmu tentang bumi dengan berbagai aspeknya. Termasuk di dalamnya adalah, batuan, bentuk atau struktur dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya.

Ilmu-ilmu yang dipelajari di teknik geologi bertujuan memberikan pengetahuan agar mampu menjelaskan keadaan alam, dan proses yang terjadi di permukaan bumi dan dari dalam bumi.

Harapannya, para lulusan teknik geologi dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, serta memberikan saran dalam bidang keteknikan, lingkungan dan bencana, yang berkaitan dengan kebumian. Keilmuan yang cukup luas membuat prospek kerja teknik geologi tak kalah beragam.

Dikutip dari glints.com, berikut sederet prospek kerja teknik geologi yang menjanjikan dan memiliki peluang tinggi.

1. Teknisi Tambang, Minyak, dan Material

Pekerjaan yang satu ini akan menjadi pilihan utama prospek kerja teknik geologi. Pilihan karier ini disebutkan misalnya oleh Geoscience Jobs.

Dalam pekerjaan ini, lulusan teknik geologi akan bertanggung jawab dalam upaya pencarian dan pencarian dan pengolahan minyak bumi dan gas alam.Tidak hanya itu saja,lulusan teknik geologi juga akan mengembangkan material dan teknologi pengolahan.

Keterampilan dimiliki lulusan teknik geologi dalam melakukan analisis, meneliti, dan berpikir rasional akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

2. Analis Sistem Informasi Geografis

Prospek kerja teknik geologi yang satu ini berkaitan dengan keterampilan dalam menggunakan komputer dan beberapa teknologi lainnya. Seorang analis sistem informasi geografis bertugas menggunakan aplikasi software dan hardware untuk GIS atau sistem informasi geografi.

Contohnya, merancang dan mempersiapkan representasi grafis data yang diterima. Lulusan teknik geologi juga harus dapat menganalisis data yang berkaitan dengan peta dan grafik, memodifikasi database, memasukan data ke dalam database serta menganalisisnya lebih lanjut.

3. Interpreter Seismik

Pekerjaan sebagai interpreter seismik juga tidak kalah menarik dibanding peluang karier teknik geologi lainnya. Dalam pekerjaan ini, lulusan teknik geologi akan menganalisis data mengenai jumlah mineral atau minyak dan gas yang terdapat di dalam struktur batuan.

Dari data yang didapatkan, nantinya akan diproses dan analisis lebih lanjut lagi untuk mengetahui potensi kedepannya.Jika lulusan teknik geologi tertarik dalam bidang ini, tidak hanya keterampilan analisis data yang baik yang diperlukan.Namun juga harus mampu menginterpretasikan model 2D, 3D, dan 4D pemetaan batuan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement