Memahami 7 Cara Mengatasi Rontok Bulu Kucing

Destiara Anggita Putri
12 Oktober 2022, 20:49
Cara Mengatasi Rontok Bulu Kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Kerontokan merupakan hal yang biasa terjadi pada kucing. Penyebab nya sendiri bermacam-macam. Bisa jadi disebabkan oleh jamur dan parasit seperti kurap, tungau atau alergi kutu. Selain itu, bisa jadi kucing mengalami kerontokan karena memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Jika bulu yang rontok hanya berjumlah sedikit, tentunya hal tersebut bukanlah masalah. Namun bila terlalu banyak, pastinya hal tersebut akan mengganggu aktivitas karena seringkali bulu yang rontok akan menempel pada furnitur dan pakaian.

Advertisement

Jika kondisi kerontokan pada kucing sudah parah, Anda harus segera melakukan beberapa penanganan yang tepat. Berikut ini tujuh cara mengatasi rontok bulu kucing yang bisa Anda terapkan.

1. Menyisir Bulu Secara Rutin

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalh menyisir bulu kucing secara rutin. Hal ini sangat penting dilakukan khususnya bagi kucing berbulu panjang untuk mengurangi kerontokan bulu mereka.

Jika Anda membiarkannya, maka bulu yang rontok tersebut akan menempel pada tubuh kucing. Alhasil, hal ini akan menutup dan menghambat pertumbuhan bulu lainnya.

Oleh karena itu, jika bulunya sudah memanjang, Anda perlu mengatasinya agar lembut, terawat dan mudah diatur. Gunakan sisir jenis slicker untuk bulu kucing yang lebat. Namun jika kucing Anda memiliki bulu yang pendek, gunakan saja sisir dua sisi.

2. Memandikan Kucing Sebulan Sekali

Untuk mengatasi kerontokan pada kucing, Anda perlu memperhatikan kebersihannya juga. Hal ini dikarenakan kucing yang kotor, terinfeksi kutu, jamur dan hama lainnya akn lebih rentan mengalami kerontokan pada bulunya.

Oleh karena itu, Anda harus memandikan kucing Anda setiap sebulan sekali untuk mencegah bulu rontok dan menjaga kesehatan mereka. Jangan mandikan mereka terlalu sering agar minyak esensial pada kulitnya tidak hilang. Saat memandikan mereka, jangan lupa gunakan shampo khusus kucing yang tidak berbahaya bagi kulit dan bulu mereka. 

3. Perhatikan Pola Makan

Kerontokan pada bulu kucing anda bisa jadi disebabkan oleh pola makannya yang buruk. Jika kucing kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, maka bulu mereka perlahan akan kering dan rapuh sehingga mudah patah atau rontok.

Untuk mengatasinya, terapkan diet seimbang yang kaya akan omega pada kucing Anda. Berikan mereka makanan dengan rasio yang seimbang antara lemak omega -6 dan omega -3. Dengan demikian, bulu mereka akan semakin sehat dan tidak mengalami kerontokan.

Cara lainnya adalah hindari makanan yang bisa memicu alergi pada kucing Anda. Diperlukan kepekaan untuk mengetahui makanan apa yang tidak cocok untuk kucing Anda.

Jika Anda memberi makan dan setelah itu kucing Anda mengalami kondisi aneh, bisa jadi mereka alergi dengan makanan tersebut. Setelah mengetahui hal tersebut, segera hentikan pemberian makan dan konsultasikan dengan dokter  hewan. 

4. Menjaga Kucing Tetap Terhidrasi

Tidak hanya pola makan, pastikan juga bahwa  kucing Anda tetap terhidrasi. Jika kucing tidak minum air yang cukup maka lama kelamaan akan memicu kerusakan pada kulit mereka. Selain itu, kekurangan air juga bisa membuat bulu kucing menjadi kering yang mengakibatkan kerontokan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement