7 Minuman Khas Palembang Populer yang Wajib Dicoba

Anggi Mardiana
13 Oktober 2022, 14:58
minuman khas Palembang
Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan
Ilustrasi, es kacang merah.

Palembang tidak hanya terkenal karena kuliner pempek saja, melainkan juga sejumlah hidangan minuman yang unik dan tidak terdapat di daerah lain di Indonesia. Minuman khas Palembang harus masuk dalam list ketika Anda bertandang ke Kota Pempek ini.

Minuman khas Palembang bisa menjadi pelengkap ketika Anda menjelajah berbagai destinasi wisata di kota ini, serta menjadi pendamping yang komplit ketika Anda menjajal kuliner khas Palembang.

Ada banyak jenis minuman yang bisa ditemui ketika mengunjungi kota Palembang. Tentunya, beberapa minuman khas Palembang ini, tidak kalah dengan sejumlah minuman khas daerah lainnya. Berikut ini, adalah 7 minuman khas Palembang yang wajib Anda coba ketika berwisata ke Kota Pempek.

1. Es Kacang Merah

Salah satu minuman yang perlu dicoba ketika berkunjung ke Palembang, adalah es kacang merah. Selain menyegarkan dahaga, kacang merah kaya akan protein sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Es kacang merah ini cocok diminum selepas menyantap pempek pedas.

Di kota ini, es kacang merah bisa ditemui di beberapa kedai pempek. Menyantap pempek bersama es kacang merah memberikan kenikmatan tersendiri. Segarnya es serut dengan sirup gula merah serta kacang merah lembut ini, dijamin memanjakan lidah dan menghilangkan dahaga.

2. Es Jagung

Tidak kalah enak dengan minuman lainnya, es jagung menjadi minuman khas Palembang selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Sangat cocok dinikmati ketika musim panas tiba, rasa manis di dalamnya bisa mengembalikan energi yang hilang setelah melakukan aktivitas.

Minuman khas Palembang ini, memiliki bahan utama buah jagung manis, yang diblender dan kemudian diberi gula dan es batu agar semakin menyegarkan.

3. Teh Secang

Pagi dan sore hari merupakan saat yang tepat untuk menyantap teh hangat secang. Teh secang bisa dibeli untuk menemani waktu bersantai. Selain nikmat, teh secang juga mengandung senyawa aktif yang mampu menghambat produksi asam urat di dalam tubuh.

Teh secang merupakan minuman khas Palembang yang dibuat dari serutan kayu secang. Bagi yang menyukai minuman manis, tentu bisa ditambahkan gula. Namun, ada opsi minuman ini bisa diminum tanpa gula seperti teh campa.

4. Sarsaparilla

Sarsaparila merupakan minuman khas Palembang yang cukup menjadi primadona dan hits pada dekade 1980-an. Sarsaparilla biasanya dikonsumsi ketika ada perayaan besar, serta menjadi minuman wajib saat hari raya Idul Adha dan Idul Fitri. Namun, mminuman ini cukup jarang ditemui saat ini, sehingga untuk mencobanya, Anda harus datang ke wilayah pesisir Kota Palembang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...