5 Manfaat Lari Bolak-balik untuk Meningkatkan Performa Tubuh

Image title
18 Oktober 2022, 13:04
lari bolak-balik
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ilustrasi, seorang peserta mengambil air mineral saat mengikuti ajang Jakarta Marathon 2022 melintas di depan Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (16/10/2022).

Manfaat lari bolak-balik dapat menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kecepatan jarak pendek. Teknik latihan yang biasa disebut shuttle run ini banyak dipilih untuk tes kebugaran jasmani.

Shuttle run dianggap sebagai metode latihan yang cukup efektif guna mengasah kekuatan fisik dan kelincahan. Bahkan, manfaat lari bolak-balik mampu menaikan kemampuan motorik seseorang.

Lari bolak-balik menjadi salah satu teknik latihan kebugaran yang populer di kalangan pelatih. Hal ini karena shuttle run dapat digunakan untuk mempelajari respon fisiologis, utamanya dalam olahraga seperti basket, yang ditandai dengan sprint dan perubahan arah.

Dengan rutin melakukan shuttle run, tubuh seorang atlet akan mampu menjaga kelincahannya. Manfaat lari bolak-balik lainnya untuk  membangun akselerasi yang maksimum.

Pengertian Lari Bolak-balik

Kelincahan merupakan satu dari sekian banyak aspek penting yang membantu aktivitas sehari-hari. Sebab, seseorang yang memiliki kelincahan dapat melakukan gerakan yang lebih efektif dan efisien.

Contoh latihan kelincahan yang patut dicoba yaitu lari bolak-balik. Menurut laman The Health Board, shuttle run adalah latihan di mana peserta berlari bolak-balik antara dua titik. 

Terkadang juga praktik lari bolak-balik dikombinasikan dengan memindahkan balok atau benda lain dari satu titik ke titik lain, secepat mungkin.

Shuttle run harus dilakukan dengan berlari bolak-balik antara dua titik dengan kecepatan yang konsisten. Latihan ini dikenal juga dengan nama sprint lapangan yang membawa manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Melakukan shuttle run terdengar cukup sederhana. Tetapi orang yang menjalankannya akan mengakui bahwa latihan tersebut bisa sangat melelahkan. Tidak mengherankan olahraga ini kurang begitu menarik bagi kebanyakan orang.

Walaupun melelahkan, manfaat lari bolak-balik jangan sampai disepelekan. Kegiatan latihan semacam ini sangat berguna untuk mengukur kecepatan, kelincahan, dan daya tahan tubuh.

Teknik Shuttle Run

Dalam sepak bola modern, pemain hampir di semua posisi dituntut bekerja keras agar keseimbangan tim saat bertahan maupun menyerang tetap terjaga. Untuk melakukannya mereka harus punya kemampuan anaerobik yang baik.

Olahraga yang membutuhkan intensitas tinggi seperti sepakbola dan bola basket sangat membutuhkan kemampuan anaerobik. Sederhananya anaerobik merupakan kondisi saat seseorang mengerahkan segala tenaga yang ada seoptimal mungkin dalam waktu begitu singkat.

Ketika melakukan anaerobik, tubuh akan menciptakan energi tanpa bantuan oksigen. Pasalnya, sistem jantung tidak memiliki cukup waktu untuk mengalirkan oksigen ke otot.

Menurut BBC Sport, salah satu manfaat lari bolak-balik adalah untuk membangun kemampuan tersebut. Selain itu, teknik latihan ini terbilang sangat mudah dilakukan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...