Contoh Surat Kuasa Jual Beli Tanah dan Komponen Pembentuknya

Anggi Mardiana
19 Oktober 2022, 18:03
contoh surat kuasa jual beli tanah
pexels
Ilustrasi, eseorang tengah memeriksa surat kuasa.

Contoh surat kuasa jual beli tanah bisa menjadi informasi yang berguna, terutama untuk orang yang belum pernah melakukan transaksi ini. Surat kuasa diperlukan sebagai bukti sah bahwa Anda mewakilkan jual beli tanah melalui perantara atau pihak kedua, bisa keluarga atau agen properti.

Mengutip rumah.com, surat kuasa jual beli tanah berisi pelimpahan wewenang dari pemilik properti kepada makelar atau agen properti untuk membantu melakukan transaksi rumah atau tanah. Melalui surat kuasa, pihak agen properti memiliki dasar kuat untuk bertindak dan berlaku atas nama penjual.

Surat kuasa ini digunakan jika seseorang memilih untuk menggunakan jasa agen properti untuk mengurus jual beli tanah. Keberadaan agen ini mempermudah proses urusan jual beli tanah, dan mendapat bantuan negosiasi. Dengan begitu, klien tidak perlu bingung terkait alur pengurusannya.

Struktur dan Komponen Surat Kuasa Jual Beli Tanah

Secara umum, beberapa contoh surat kuasa jual beli tanah memiliki struktur dan komponen yang mirip satu sama lain. Struktur dan komponen yang dimaksud, antara lain:

1. Judul Surat

Bagian judul surat biasanya ditulis menggunakan huruf kapital, dicetak tebal dan diletakan di bagian tengah.

2. Identitas Lengkap yang Memberikan Kuasa

Pada bagian ini berisi informasi identitas seperti nama, nomor identitas (KTP/SIM/Paspor), pekerjaan, tempat tanggal lahir, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

3. Identitas Lengkap Penerima Kuasa

Identitas penerima kuasa meliputi nama, nomor identitas (SIM/KTP/Paspor), pekerjaan, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan alamat.

4. Hal-hal yang Dikuasakan

Di sini, Anda perlu mencantumkan secara jelas dan tegas terkait kuasa yang diberikan, misalnya menjual atau menghibahkan.

5. Waktu Memberikan Kuasa

Waktu memberikan kuasa juga harus dijelaskan kapan tenggat waktunya dalam artian sampai kapan kuasa itu diberikan untuk menghindari penyalahgunaan wewenang.

6. Tanda Tangan

Unsur yang tidak boleh terlewat di surat kuasa yaitu tanda tangan. Ini mencakup tanda tangan pejabat setempat, para saksi, pemberi kuasa dan penerima kuasa. Tanda tangan diperlukan agar memiliki keabsahan dan kedudukan hukum yang kuat.

Contoh Surat Kuasa Jual Beli Tanah

Untuk memahami lebih jelas terkait surat kuasa penjualan tanah yang bisa Anda jadikan panduan, berikut contoh format surat kuasa jual beli tanah, dilansir dari rumah.com dan scribd.com.

1. Contoh Surat Kuasa Menjual Tanah atau Rumah

 

                                   SURAT KUASA MENJUAL RUMAH ATAU TANAH


Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap: ………………
Nomor KTP:…………………..
Tempat & Tanggal Lahir:………………..
Pekerjaan:…………………
Alamat Lengkap:……………………..
Nomor Telepon:…………………

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Dengan ini Memberikan kuasa kepada:


Nama Lengkap: ………………
Nomor KTP:…………………..
Tempat & Tanggal Lahir:………………..
Pekerjaan:…………………
Alamat Lengkap:……………………..
Nomor Telepon:…………………
Yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Kami sebagai pihak pemberi kuasa menyatakan mengalihkan kuasa atau wewenang kepada pihak penerima kuasa untuk mengurus penjualan sebidang tanah dan rumah yang berdiri di atasnya dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor………….atas nama………….

Luas tanah adalah………..meter persegi sedangkan rumah yang berdiri di atasnya seluas……..meter persegi. Tanah dan rumah tersebut berlokasi di……….(isi dengan alamat lengkap yang jelas).

Batas-batas tanah dan rumah tersebut yang berada di sebelah barat adalah………, sebelah timur adalah……….., sebelah selatan adalah…………,dan sebelah utara adalah………

Demikian surat kuasa penjualan tanah ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Di buat di:

………………..

Pada tanggal:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...