3 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Serta Ketentuannya

Annisa Fianni Sisma
20 Oktober 2022, 11:11
Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati
TELKOMSEL.COM
Ilustrasi, pengguna Kartu Telkomsel.

Kartu Telkomsel yang jarang digunakan dan tidak diperpanjang masa aktifnya akan habis dan mati. Jika sudah mati, kartu Telkomsel tersebut tidak bisa digunakan. Namun, Telkomsel memberikan pelayanan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

Kartu Telkomsel yang mati dapat disebabkan karena telah melewati batas akhir masa tenggang dan pengguna tidak melakukan pengisian pulsa atau pembelian paket. Nomor tersebut melewati hari terakhir masa tenggang dan hangus.

Masa tenggang tersebut adalah periode setelah masa berlakunya paket data atau pulsa yang berakhir. Oleh karena itu setiap mengisi pulsa atau membeli paket, maka sekaligus memperpanjang masa aktif kartu.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati cukup mudah. Pengguna dapat melakukannya dengan UMB, Telkomsel E-Care, atau mengunjungi GraPARI. Berikut ini rincian penjelasan tentang mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati selengkapnya.

1. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Melalui USSD atau UMB

  • Persiapkan Dokumen, berupa KTP, dan KK, yang telah didaftarkan.
  • Ketik *888*89# di keypad pada menu panggilan di smartphone.
  • Lakukan instruksi dengan tekan ‘1. Reaktivasi Kartu’.
  • Pilih ‘Setuju’ jika telah membaca dan memahami ketentuan yang tertulis.
  • Masukkan nomor KTP dan KK yang sudah dipersiapkan.
  • Tunggu beberapa saat kemudian dan pengguna akan menerima SMS pemberitahuan terkait apakah nomor pengguna dapat diperpanjang atau tidak.

2. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Melalui Telkomsel E-care

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati selanjutnya adalah dengan menghubungi Telkomsel E-care. Pengguna cukup menghubungi pihak Telkomsel melalui direct message di Twitter maupun Instagram resmi Telkomsel. Agar dapat melakukan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan lancar, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Persiapkan dokumen berupa KTP dan KK yang sebelumnya sudah didaftarkan dengan nomor pengguna yang hangus. Selain itu, siapkan SIM Card yang hangus tersebut.

  • Hubungi Customer Service

Silakan hubungi customer service melalui Direct Message (DM) dengan mengetik reaktivasi prepaid. Tunggu beberapa saat agar pesan terkirim.

  • Unggah KTP dan Nomor KK serta Kartu SIM Fisik

Setelah menunggu beberapa saat, pengguna akan dikirimkan link untuk aktivasi. Link tersebut berisi perintah upload foto KTP, KK, dan foto kartu SIM yang akan diaktivasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement