Dijamin Aman, Ini 5 Cara Mengatasi Batuk pada Anak

Anggi Mardiana
20 Oktober 2022, 19:50
Cara Mengatasi Batuk
Freepik
Ilustrasi, seorang anak menderita penyakit batuk.

Cara mengatasi batuk pada anak saat ini cukup mudah karena ada beragam alternatif yang bisa dilakukan. Meski sekarang sedang ramai obat batuk sirup ditarik oleh BPOM, masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk meredakan batuk pada anak.

Batuk memang cukup mengganggu kualitas tidur, tidak hanya pada orang dewasa tetapi anak kecil juga bisa mengalaminya. Kualitas tidur yang kurang cukup mengganggu bagi tumbuh kembang si kecil. Terlebih gejalanya cenderung memburuk saat malam hari.

Cara mengatasi batuk pada anak terkadang gampang-gampang susah karena kita tidak bisa memberikan sembarang obat. Selain itu, si kecil cukup sensitif dengan obat-obatan jika obat yang digunakan tidak cocok atau dosis yang digunakan tidak sesuai.

Cara Mengatasi Batuk pada Anak Ala Rumahan

Seiring dengan semakin merebaknya kasus ginjal akut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik 5 obat batuk sirup yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Nah, bagaimana jika anak mengalami batuk? Tidak perlu khawatir, berikut ini adalah 5 cara menangani batuk pada anak ala rumahan, dilansir dari medicalnewstoday.com.

1. Minuman Hangat

Minum banyak cairan cukup membantu untuk meredakan batuk pada anak. Misalnya, memberikan minuman hangat utuk meredakan sakit tenggorokan. Namun pastikan juga cairan tersebut tidak terlalu panas atau cukup dingin sebelum diminum oleh anak. Bisa menggunakan botol atau cangkir yang aman untuk anak.

Minuman hangat yang dapat diberikan ketika anak batuk ini ada beberapa macam. Misalnya, susu hangat, teh hijau, jahe hangat, teh jahe, dan air madu.

2. Gosok Mentol

Untuk anak-anak di atas 2 tahun bisa mendapat manfaat gosok mentol untuk meredakan gejala batuk. Ini karena mentol bisa membantu meningkatkan aliran udara melalui saluran hidung dan membantu anak-anak tidur lebih nyenyak. Anda bisa mengoleskannya ke area dada atau leher anak.

3. Humidifier

Cara mengatasi batuk pada anak ala rumahan berikutnya yang bisa bunda coba yaitu humidifier atau pelembap kabut dingin untuk melegakan saluran pernapasan anak. Dengan begitu, saluran udara akan tetap lembab dan mampu meredakan batuk yang tersumbat. Namun tidak disarankan menggunakan penguap air panas.

4. Madu

Bagi anak usia di atas 12 bulan, madu bisa membantu meningkatkan keparahan dan frekuensi batuk. Maka dari itu disarankan menggunakan setengah sendok teh madu 4 kali sehari. Baik dari sendok langsung atau dilarutkan ke dalam air hangat terlebih dahulu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...