Jangan Salah, Ini 3 Contoh Surat Jalan Barang untuk Berbagai Kegunaan

Anggi Mardiana
21 Desember 2022, 10:00
Contoh Surat Jalan Barang
Freepik
Ilustrasi, surat jalan barang.

Contoh surat jalan barang merupakan dokumen penting yang bisa dijadikan rujukan bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis. Sebelum mengirimkan barang ke tempat lain, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar pengiriman berjalan lancar.

Salah satunya adalah menyiapkan surat jalan barang yang baik dan benar. Biasanya surat ini merupakan syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Saat mengirim barang, pihak pengirim akan membawa surat jalan yang akan diperlihatkan kepada penerima.

Di dalam surat jalan barang ini berisi informasi mengenai barang yang akan dikirim sehingga membantu petugas yang mengirimkan barang untuk mengecek kembali apakah barang yang akan dikirim sudah benar atau belum.

Kegunaan Surat Jalan Barang

Surat jalan berfungsi sebagai bukti legalitas barang yang akan dikirim, sehingga dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, surat jalan memiliki kegunaan lain yang perlu Anda ketahui. Berikut ini kegunaan surat jalan, dilansir dari ekrut.com.

1. Surat Keterangan

Surat jalan barang berfungsi sebagai surat keterangan ketika barang akan diperiksa oleh petugas yang berwenang. Informasi yang terdapat dalam surat jalan menjelaskan hal-hal penting yang menjadi acuan utama ketika diperiksa oleh petugas yang berwenang atau pihak penerima.

2. Bukti Pengiriman

Surat jalan memiliki fungsi sebagai bukti pengiriman yang valid. Surat jalan tidak hanya diserahkan kepada penerima, tapi juga perlu dibawa kembali untuk diperlihatkan kepada pengirim bahwa transaksi telah selesai.

3. Dokumen Resmi Perusahaan

Surat jalan barang menjadi bukti sah bahwa pihak pengiriman hingga pihak penerima telah melakukan pengiriman barang dengan benar. Surat jalan berfungsi sebagai dokumen legalitas dalam proses pengantaran barang.

Informasi yang Wajib Tercantum dalam Surat Jalan Barang

Dalam menyusun surat jalan, terdapat beberapa informasi yang harus ada di dalamnya. Informasi yang tersedia akan membantu petugas yang berwenang ketika melakukan pengecekan. Kami telah merangkum beberapa informasi yang wajib tercantum dalam surat yang dilansir dari ekrut.com, yaitu:

  • Nama dan alamat perusahaan pengirim barang.
  • Nomor surat.
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat.
  • Nama perusahaan atau institusi tujuan pengiriman barang.
  • Rincian barang yang diantar seperti nama barang, jenis barang, jumlah barang dan harga barang.
  • Informasi pengantar barang atau supir.
  • Informasi pihak lain yang terlibat dalam proses pengantaran barang.

Contoh Surat Jalan Barang

Perlu diketahui biasanya perusahaan atau instansi memiliki format surat jalan masing-masing. Namun, format surat jalan selalu bisa disesuaikan dengan kepentingan setiap perusahaan. Di bawah ini ada beberapa contoh surat jalan barang, dilansir dari 99.co, yang dapat dijadikan contoh.

1. Surat Jalan Barang Furniture

KOP SURAT
SURAT KETERANGAN JALAN

Nomor : 564/XIX/2022
Kepada : Direktur PT Otomotif Jaya
Tanggal : 25 Juli 2022
Dikirim Dengan : Kendaraan Truk
No. Polisi : B 7843 QK
Nama Pengemudi : Budiman

Kami mengirimkan barang-barang tersebut di bawah ini dengan rincian sebagai berikut:

NoNama BarangHarga BarangKeterangan
1MejaRp 500.0003
2LemariRp 1.500.0002
3KursiRp 500.0005

Mengingat surat jalan ini termasuk dalam dokumen resmi, yang memuat keterangan barang yang dikirim, serta memerlukan keterangan barang telah diterima, maka di akhir surat jalan harus dibubuhkan tanda tangan pengirim dan penerima.

2. Surat Jalan Barang Bahan Pangan

KOP SURAT
Nomor : 005/PQRT/2022
Sleman, 16 Oktober 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement