Mengenal Fomepizole, Obat Gagal Ginjal Misterius pada Anak

Tifani
Oleh Tifani
25 Oktober 2022, 11:04
fomepizole
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.
Ilustrasi, petugas Dinas Kesehatan Solo melakukan pengecekan obat berbahan cair atau sirop saat kegiatan Sidak Apotek di Solo, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022).

Fomepizole disebut-sebut dapat menjadi obat gagal ginjal misterius pada anak. Penggunaan obat antidotum jenis fomepizole pun dianggap manjur. Obat itu dinilai bisa mencegah tingkat keparahan gangguan ginjal akut. Meskipun pada dasarnya, fomepizole bukan lah obat untuk mengobati gagal ginjal akut.

Dikutip dari laman Drugbank.com, fomepizole diindikasikan sebagai penangkal untuk etilen glikol (bahan pelarut) atau keracunan metanol. Obat ini juga biasa digunakan ketika muncul dugaan konsumsi etilen glikol atau metanol, baik sendiri atau dalam kombinasi dengan hemodialisis.

Obat ini biasanya diberikan melalui cairan infus. Dosisnya juga berbeda untuk tiap pasien. Pemberian dosis awal yakni 15 mg/kg berat badan (BB). Dosis selanjutnya adalah 10 mg/kg BB per 12 jam selama 48 jam. Lalu 15 mg/kg BB per 12 jam.

Cara Kerja Fomepizole

Cara kerja fomepizole yakni, dengan mengubah etilen glikol menjadi glikoaldehida yang kemudian mengalami oksidasi menjadi glikolat, glioksilat, dan oksalat.

Glikolat dan oksalat terutama bertanggung jawab atas asidosis metabolik dan kerusakan ginjal akibat toksisitas etilen glikol.

Selain itu, dikutip dari laman aido.com, fomepizole biasanya juga digunakan bersamaan dengan prosedur cuci darah (hemodialisis) untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Fomepizole bekerja dengan menghambat alkohol dehidrogenase, enzim dalam tubuh yang dapat memetabolisme etilen glikol dan metanol sehingga menjadi bentuk yang beracun.

Efek Samping Fomepizole

Mengutip Medscape, obat ini tidak boleh diberikan melalui injeksi langsung. Obat ini juga bisa menimbulkan reaksi alergi seperti ruam ringan pada pasien.

Reaksi alergi dari penggunaan obat ini, yang membutuhkan bantuan medis darurat serta penanganan dari dokter, antara lain:

  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Ruam kulit, memar, kesemutan parah, mati rasa, nyeri, kelemahan otot.
  • Mual parah, pusing parah atau sensasi berputar; atau
  • Perasaan pusing, seperti pasien akan pingsan.

Sementara, efek samping fomepizole yang umum terjadi, antara lain sakit kepala, pusing dan mengantuk, mual, mengalami rasa tidak enak atau logam di mulut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...