Menelaah Dampak Positif dan Negatif Denial serta Cara Mengatasinya

Tifani
Oleh Tifani
25 Oktober 2022, 13:10
denial
Katadata
Ilustrasi, denial syndrome.

Denial atau penyangkalan, adalah kondisi saat seseorang mengabaikan fakta yang terjadi di depan mata. Ini utamanya ketika situasi yang dialami tidak sesuai yang diharapkan. Namun, bukan hanya sebagai bentuk pertahanan diri, penyangkalan juga berarti seseorang enggan mengakui sedang menghadapi hal buruk.

Denial merupakan salah satu istilah dalam studi ilmu psikologi menyangkut tentang mekanisme pertahanan diri pikiran, perasaan, keinginan maupun peristiwa tertentu.

Mengutip sehatq.com, denial adalah mekanisme pertahanan yang tidak menyenangkan pada pikiran, perasaan, keinginan atau kejadian diabaikan atau dikecualikan dari kesadaran sadar. Tindakan ini mungkin diperlukan, sebagai penolakan untuk mengakui kenyataan penyakit yang parah, masalah keuangan, kecanduan, atau perselingkuhan pasangan.

Penyangkalan adalah proses tak sadar yang berfungsi untuk menyelesaikan konflik emosional atau mengurangi kecemasan. Sementara itu, dilansir dari Very Well Mind, denial merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri untuk mengabaikan suatu realita pada situasi tertentu untuk mencegah kecemasan.

Mekanisme pertahanan diri ini, merupakan salah satu strategi seseorang untuk mengatasi perasaan menyedihkan dengan tidak menerima konsekuensi dari realita tersebut. Pada dasarnya ketika seseorang mengalami situasi yang dirasa sangat berat untuk ditangani, maka terjadi penolakan/penyangkalan untuk mengalami peristiwa tersebut.

Dengan berpura-pura bahwa peristiwa itu tak nyata, hal itu memungkinkan mengurangi dampaknya pada diri dan bisa mengurangi kecemasan dalam jangka pendek. Meski begitu, denial bukan solusi efektif untuk mengatasi kecemasan jangka panjang, melainkan hanya sementara.

Jika pada akhirnya kenyataan dari keadaan itu muncul. Dalam beberapa kasus, denial bisa membantu tapi juga membahayakan kesehatan mental.

Gejala Denial

Dilansir dari laman Mental Health Center ada beberapa gejala yang ditunjukan seseorang yang menunjukan sikap denial. Berikut diantaranya:

  • Menolak untuk membicarakan masalah tersebut.
  • Penderita menemukan cara untuk membenarkan perilakunya.
  • Menyalahkan orang lain atau kekuatan luar karena menyebabkan masalah.
  • Bertahan dalam suatu perilaku meskipun ada konsekuensi negatif.
  • Berjanji untuk mengatasi masalah di masa depan.
  • Menghindari memikirkan masalah.
  • Membandingkan keadaan dengan orang lain.
  • Meredam perasaan atau pikiran tentang suatu masalah.
  • Merasa putus asa.

Dampak Positif Denial

Meski terkesan buruk, sikap menolak hal yang terjadi pada kehidupan ini bisa berarti hal yang baik. Beberapa alasan yang membuat denial menjadi menguntungkan adalah:

1. Fase untuk Beradaptasi

Apabila kenyataan yang diterima begitu mengejutkan, fase penyangkalan ini akan memberi waktu bagi diri sendiri untuk memahami apa yang sedang terjadi. Tak hanya itu, seseorang juga bisa memetakan apa tantangan yang akan muncul ke depannya.

Artinya, denial bisa menjadi periode sementara untuk mencerna informasi sehingga tidak berimbas pada kondisi psikologis.

2. Respons Terhadap Kondisi Pemicu Stres

Kabar mengejutkan misalnya yang berkaitan dengan kondisi kesehatan bisa memicu rasa stres. Contohnya, ketika ditemukan benjolan di bagian tubuh dan dicurigai sebagai gejala kanker.

Secara alami, tubuh akan merasa takut dan produksi adrenalin meningkat. Saat denial, seseorang akan berusaha melupakan adanya benjolan dengan harapan bisa menghilang dengan sendirinya.

Barulah setelah menyadari benjolan itu masih ada seminggu kemudian, situasi lebih tenang dan memungkinkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Masalah dapat dihadapi dengan lebih rasional.

Dampak Negatif Denial

Namun di sisi lain, penyangkalan juga bisa menjadi hal yang tidak sehat, bahkan berbahaya. Terutama jika informasi yang dibantah adalah situasi yang genting dan harus segera disikapi.

Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari sikap denial ini, antara lain:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...