Manfaat Dataran Tinggi dalam Perkebunan, Peternakan, dan Pariwisata

Annisa Fianni Sisma
25 Oktober 2022, 11:35
MANFAAT DATARAN TINGGI
PEXEL
Ilustrasi, sawah di dataran tinggi.

Permukaan bumi tidak rata. Tinggi permukaan bumi di atas permukaan laut pun berbeda-beda. Perbedaan tersebut diklasifikasikan menjadi dua yakni dataran tinggi dan dataran rendah. Berikut ini penjelasan tentang dataran tinggi beserta manfaat dataran tinggi selengkapnya melansir dari ekosistem.co.id.

Dataran tinggi merupakan dataran dengan tinggi lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi merupakan salah satu dari jenis dataran di bumi lainnya yakni dataran rendah.

Bumi memiliki berbagai jenis dataran yakni dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi terkenal dengan udara dinginnya, sedangkan dataran rendah terkenal dengan kepadatan penduduk dan kesuburan tanahnya.

Kedua dataran ini muncul dan dipengaruhi oleh proses sedimentasi. Sedimentasi adalah perpindahan material dari suatu tempat ke tempat lain dengan media seperti air, angin, gletser, dan lain sebagainya. Keduanya memiliki manfaat masing-masing.

Ciri-ciri dan Manfaat Dataran Tinggi

Dataran tinggi memiliki ciri-ciri lainnya yakni adanya pertanian dengan metode terasering, udaranya yang cenderung kering dan dingin, suhunya yang dingin, jarang turun hujan, dan lain sebagainya. Ciri-ciri yang paling menonjol dari dataran tinggi adalah udara dinginnya.

Dataran tinggi memiliki jenis yang beragam yakni dataran tinggi vulkanik dan dataran tinggi terpotong. Dataran tinggi vulkanis merupakan dataran tinggi yang terbentuk dari gunung berapi yang kecil dan perlahan menumpuk dari waktu ke waktu. Contohnya yakni Gunung Ruapehu dan Gunung Tongariro.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait dataran tinggi, berikut penjelasan tentang dataran tinggi selengkapnya.

1. Perkebunan

Tak kalah dengan dataran rendah, manfaat dataran tinggi lainnya adalah di bidang perkebunan. Dataran tinggi juga memiliki kualitas tanah yang subur dan bagus untuk ditanami berbagai tumbuhan. Banyak petani yang menanam tanaman berupa sayur dan buah di dataran tinggi.

Dataran rendah memiliki tanaman yang banyak dan cocok ditanam di atasnya. Namun, dataran tinggi pun memiliki beragam jenis tumbuhan yang mampu berkembang ditanam di dataran tinggi. Contoh tumbuhan yang dapat ditanam di dataran tinggi adalah kopi, strawberry, berry lainnya, kentang, brokoli, selada, kakao, wortel, apel, kubis, teh, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, terasering menjadi metode pertanian yang kerap diterapkan di dataran tinggi. Metode ini diterapkan agar tanah tidak mudah terkena pengikisan dan erosi.

Erosi adalah peristiwa geologis yang parah dampaknya. Erosi dapat merusak seluruh material di bawahnya dan menimbulkan kerugian hingga puluhan atau ratusan juta. Masyarakat pun membuat lahan bertingkat untuk mencegahnya agar kondisi tanah tetap stabil.

2. Peternakan

Manfaat dataran tinggi lainnya adalah untuk peternakan. Dataran tinggi memiliki iklim sejuk yang menenangkan. Beberapa ternak pun cocok dikembangbiakkan di sini. Selain karena udaranya yang sejuk, bahan pangan pun tersedia di dataran tinggi ini. Contoh hewan yang dapat hidup di dataran tinggi adalah domba, kambing, sapi, kerbau, dan kuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...