8 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes

Tifani
Oleh Tifani
26 Oktober 2022, 05:33
olahraga untuk penderita diabetes
Freepik
Ilustrasi, yoga.

Diabetes adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tingginya kadar glukosa dalam darah. Jika kadar gula tak dikontrol dengan baik, bukan tidak mungkin pengidapnya bisa mengalami komplikasi serius, seperti radang sendi dan kerusakan saraf.

Selain menggunakan obat-obatan dan menjaga pola makan, rutin berolahraga juga bisa membantu mengontrol gula darah.

Dilansir dari laman gooddoctor.co.id, berkeringat merupakan salah satu cara efektif untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Menurut American Diabetes Association, aktivitas fisik bisa menurunkan kadar glukosa dengan cara membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin

Olahraga untuk Penderita Diabetes

Tentu saja, olahraga yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi fisik masing-masing pasien diabetes. Harus dilihat juga, sejauh mana kemungkinan komplikasi yang mungkin ditimbulkan oleh olahraga yang dilakukan. Berikut 8 jenis olahraga yang baik untuk penderita diabetes:

1. Jalan Cepat

Olahraga pertama yang baik untuk penderita diabetes adalah jalan cepat atau brisk walking. Mengutip dari Healthline, tidak hanya menurunkan berat badan, jalan cepat juga dipercaya bisa menstabilkan kadar gula di dalam darah. Lakukan olahraga ini setidaknya tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit pada setiap sesi.

2. Hiking

Hiking adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan bagi para penderita diabetes. Melansir laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, bagi penderita diabetes tipe 2, penurunan berat badan merupakan hal yang sangat penting.

Saat hiking sejauh 3 km/jam, orang dengan berat 68 kg akan membakar 240 kalori yang dimiliki per jam. Hiking juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang sering kali menjadi pemicu jantung (seringkali dikaitkan sebagai komplikasi panjang dari diabetes).

3. Bersepeda

Sebagian penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2, memiliki risiko tinggi untuk terkena radang sendi atau arthritis. Komplikasi penyakit ini dapat diminimalkan risikonya dengan rutin bersepeda beberapa kali dalam seminggu.

Selain menyehatkan organ kardiovaskular, bersepeda juga dapat mencegah terjadinya ketegangan pada persendian. Pasalnya, ketika bersepeda, otot, tulang, dan sendi akan bekerja bersama untuk mengayuh pedal.

4. Yoga

Olahraga berikutnya yang baik untuk penderita diabetes adalah yoga. Olahraga yang berasal dari India ini tidak hanya fokus pada gerakan, tapi juga pernapasan dan pemusatan pikiran.

Sebuah penelitian pada 2016 menjelaskan, yoga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Sebagian besar gerakan yoga bisa mendukung kelancaran peredaran darah ke seluruh organ.

Yoga juga efektif dalam menjaga suasana hati dan kesehatan mental, meminimalkan terjadinya depresi dan stres, hingga meningkatkan kualitas tidur.

5. Berenang

Selain tiga olahraga tersebut, renang juga merupakan salah satu olahraga yang baik untuk diabetes. Menurut Swim England Organization, berenang dapat mengurangi risiko gangguan kardiovaskular dan membantu tubuh dalam mengontrol glukosa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...